Media Semai Selain Rockwool

Media Semai Selain Rockwool

Media Semai Selain Rockwool – Sedang mencari media semai untuk produk pertanian Anda? Ada material berbahan selain rockwool yang bisa menjadi pilihan terbaiknya. 

Media semai yang biasanya beredar di pasaran sendiri adalah berbahan rockwool dan selalu terkenal memiliki kualitas yang mumpuni sebagai sebuah produk pertanian. Adapun mengapa rockwool bisa dikatakan sebagai media semai hidroponik terbaik tentu saja karena bahan materialnya yang memang cocok sebagai produk penunjang pertanian.

Ketika Anda berusaha melakukan kegiatan bercocok tanam maka pertumbuhan bibit tumbuhan yang ada akan dipengaruhi oleh media semainya, lho! Bayangkan saja jika media semai yang digunakan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik atau tidak mampu menahan air secara tepat maka pertumbuhan bibitnya akan bermasalah. 

Nah, untuk lebih memahami lagi mengenai jenis-jenis media semai hidroponik, kelebihan atau spesifikasinya, hingga harga jualnya di pasaran maka simak ulasannya sebagai berikut!

Jenis-Jenis Media Semai Hidroponik

Sebenarnya jenis-jenis media semai hidroponik selain produk ini yang sudah terkenal itu ada cukup banyak jumlahnya, hanya saja akan dijabarkan beberapa yang paling terbaik di kelasnya.

Untuk jenis media hidroponik yang pertama ada sabut kelapa yang banyak digunakan oleh pecinta tanaman karena mudah diaplikasikan dan gampang dicari di pasaran. Kedua, ada media semai Hydroton atau pelet tanah liat menjadi jenis material tanam hidroponik yang cukup populer di masyarakat karena dapat melepaskan nutrisi ke aliran air.

Tak hanya kedua jenis media di atas, material semai hidroponik lainnya ada Oasis Cubes yang cocok untuk menyemaikan kecambah. Kemudian, ada jenis media semai perlit dari kaca vulkanis yang merupakan material tanam bebas tanah juga relatif banyak mengandung air. Kelima, ada media semai kerikil yang juga bisa coba digunakan dan cocok sekali untuk pemula.

Terakhir, jenis yang paling populer selain rockwool sebagai media tanam hidroponik adalah serat kayu karena menjadi material yang efisien untuk membantu perkembangan bibit. Beberapa jenis media semai di atas adalah jenis hidroponik di luar rockwool yang bisa menjadi alternatif pilihan. Meski jika ingin gunakan media semai terbaik maka Anda bisa gunakan produk rockwool saja.

Mengapa Rockwool  Adalah Media Semai Hidroponik Terbaik?

Setelah mengenal secara ringkas beberapa jenis media tanam berbasis hidroponik seperti di atas, maka akan menjadi lengkap jika mengetahui mengapa rockwool jadi yang paling terbaik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan spesifikasi dari media semai rockwool sebagai material tanam terbaik, apa saja?

  1. Rockwool mampu bekerja aktif menyimpan cadangan air bagi tanaman dalam jumlah besar dan mumpuni.
  2. Sangat cocok untuk digunakan menanam sayur yang memiliki periode pertumbuhan tidak terlalu lama.
  3. Mampu mengikat nutrisi yang ada untuk disalurkan pada tanaman dengan sangat baik.
  4. Media tanam rockwool mampu menyimpan air serta udara dalam jumlah serta komposisi yang tepat.
  5. Mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang bersaing.

Harga Rockwool

Setelah mengetahui kelebihan dari media semai produk ini yang ternyata memiliki banyak sekali keuntungan sebagai material tanam, akan menjadi lengkap untuk mengetahui berapa harga rockwool media semai yang umum ada di pasaran. 

Umumnya harga media semai rockwool per satu slab ada di angka 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk satu ball ada di kisaran angka 500 ribu rupiah.

Nah, kini bagi yang ingin mendapatkan media semai hidroponik sudah tidak perlu bingung lagi bukan mengenai harga, jenis atau spesifikasinya. Media semai dengan bahan material hidroponik menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin melakukan kegiatan bercocok tanam baik skala besar maupun kecil. Untuk bisa mendapatkan produk media semai hidroponik berkualitas hanya gunakan distributor dari pusat material yang terpercaya! Jangan sampai salah pilih dan selamat berbelanja!