Media Semai Hidroponik Selain Rockwool

Media Semai Hidroponik Selain Rockwool

Hidroponik Selain Rockwool – Bercocok tanam bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan juga menguntungkan. Salah satu hal yang perlu disiapkan saat akan melakukan cocok tanam adalah media semai. Media semai atau media tanam ini merupakan hal utama yang harus diperhatikan agar tanaman yang ditanam bisa tumbuh dengan baik dan sehat. 

Apa Itu Media Semai?

Media semai adalah komponen utama saat berkebun. Komponen tersebut harus disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam. Menentukan media tanam yang sesuai dengan habitat asli tanaman yang akan ditanam itu cukup sulit. Hal ini karena ada tanaman yang berasal dari tempat yang lembap, ada yang dari tempat dingin, dan sebagainya. 

Media tanam yang baik adalah media semai yang bisa menjaga kelembapan di sektar akar, bisa menyediakan udara yang cukup, serta bisa menahan ketersediaan unsur hara. Untuk itu pemilihan media tanam tersebut tidak bisa sembarangan.

Macam-Macam Media Semai

Mungkin saat membicarakan media tanam yang terlintas dalam pikiran hanya satu yaitu tanah. Padahal media tanam ini sendiri ada beragam macamnya. Tidak hanya di tanah, tanaman juga bisa ditanam di media lain. Berikut ini adalah beberapa macam media tanam selain tanah yang sering digunakan.

  1. Media Tanam Bahan Organik

Media semai dibagi menjadi dua kategori besar yaitu ada media tanam organic dan anorganik. Untuk yang organik sendiri ada banyak juga macamnya. Media tanam bahan organik ini bahan utamanya berasal dari organisme hidup. Macam-macam media tanam organik ini ada arang, sabut kelapa, humus, batang pakis, kompos, dan sekam padi.

  1. Media Tanam Bahan Anorganik

Untuk kategori selanjutnya ada media semai anorganik. Dimana media tanam yang satu ini menggunakan bahan yang memiliki unsur mineral tinggi yang asalnya dari proses pelapukan batuan yang diakibatkan dari pelapukan secara fisik, bisa juga dari pelapukan biologi-mekanik, atau pelapukan kimiawi. Bentuk dari pelapukan itu akan berwujud kerikil atau bebatuan, pasir, debu, dan juga tanah liat. 

Dalam media tanam anorganik ini pun menggunakan bahan sintetis atau kimia yang diproduksi pabrik. Macam-macam media tanam anorganik ini ada gel, pasir, spons, tanah liat, vermikulit dan perlit, kerikil, pecahan batu bata, dan gabus.

Rockwool, Media Semai Hidroponik Terbaik

Untuk yang ingin melakukan cocok tanam secara bersih dengan lahan yang sangat terbatas ada salah satu cara yang bisa dicoba yaitu menerapkan sistem tanam hidroponik. Media tanam ini terbuat dari kombinasi beberapa batuan yaitu batuan basalt, batu kapur, serta batu bara. Keunggulan dari media tanam Rockwool ini adalah komposisi air dan udara yang ideal. Hal tersebut membuat pembasahan bisa jadi merata.

Pembuatan dari Rockwool ini sendiri cukup sederhana, dari ketiga jenis batuan yang sudah disebutkan tadi semua dilelehkan pada suhu 1600°C hingga berbentuk lava. Lalu batuan yang sudah cair itu tadi akan membentuk serat-serat yang kemudian tinggal dipotong sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Pemilihan media tanam harus teliti agar hasil tanam bisa sesuai dengan keinginan serta menguntungkan. Dengan media tanam Rockwool ini ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Ramah lingkungan jadi tidak akan mencemari lingkungan sekitar 
  • Tak ada unsure pathogen yang bisa menyebabkan penyakit
  • Bisa menampung air sampai 14 kali kapasitas tampung pada tanah
  • Bisa meminimalisir penggunaan disinfektan
  • Lebih memaksimalkan peran dari pupuk

Jadi bagi yang berencana melakukan cocok tanam sendiri di rumah bisa menggunakan media tanam Rockwool ini dari fase penyemaian sampai fase produksi.