Analisa Geobag Sebagai Pelindung Pantai

Analisa Geobag Sebagai Pelindung Pantai

Geobag sebagai pelindung pantai – Produk geobag sederhananya adalah non woven geotextile yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi sebuah kantung. Dimana kantung tersebut kemudian dipergunakan sebagai wadah untuk ditempatkannya material seperti tanah ataupun pasir sebagai penahan abrasi ataupun longsor.

Fungsi utama produk ini yakni sebagai proteksi atau pelindung, umumnya diperuntukkan sebagai proteksi dari longsor ataupun abrasi akibata hantaman arus air. Untuk di pantai biasanya geobag menggunakan pasir sebagi material pengisinya yang kemudian akan ditempatkan pada bagian yang akan diproteksi.

Saat ini produk geobag mudah didapat pada perusahaan supplier geosintetik di Indonesia, dengan pilihan spesifikasi, ukuran dan bahan yang beragam. Jadi hanya pilih dan pastikan supplier produk geobag kualitas unggul dengan harga beli terbaik.

Masalah yang Terjadi di sekitar Pantai

Acap kali abrasi merupakan masalah utama yang ada pada pantai akibatnya bisa mengurangi garis pantai. Sebab dengan berkurangnya garis pantai maka bisa saja membuat rusaknya pemukiman, lokasi wisata bahkan objek penting dan vital lainnya yang berlokasi di pinggir pantai.

Umumnya penyebab terjadinya abrasi adalah hantaman arus ataupun ombak selain itu juga ada yang segaja atau disebabkan oleh manusia seperti pembangunan, pengambilan terumbu karang, dan penebangan bakau.

Menyempitnya Area Pantai

Menyempitnya area pantai merupakan satu dari sekain banyak masalah yang ditimbulkan oleh abrasi. Selain itu juga hal itu bisa juga disebabak oleh kerusakan yang disebabkan oleh manusia, seperti yang sempat disebabkan pada bagian sebelumnya.

Upaya dalam mencegah menyempitnya area pantai akibat abrasi salah satunya dengan menggunakan produk geobag sebagai pelindung pantai. Produk geobag terbukti ampuh meminimalisir dampak hataman arus air laut sehingga menyempitnya area pantai bisa dikendalikan.

Lebih Efektif Mana, Tumpukan Batu atau Geobag Sebagai Pelindung Pantai?

Tentu terdapat pilihan dalam upaya melindungi pantai, salah satunya dengan menggunakan metode konvensional menggunakan bebatuan. kehadiran produk geobag tentu menawarkan efektifitas dan hasil yang jauh lebih baik, sebab dengan menggunakan produk ini pencegahan menyempitnya area pantai akan mendapatkan hasil yang jauh akan lebih maksimal.