Mengenal Geobag Si Pelindung Pantai

Mengenal Geobag Si Pelindung Pantai

Mengenal geobag – Abrasi atau secara sederhana fenomena menyempitnya area pantai merupakan masalah yang paling sering ditemui pada daerah pantai. ada banyak penyebab dari abrasi ini sendiri mulai dari sebab alami yakni derasnya hantaman ombak hingga disebabkan oleh kegiatan manusia.

Hadirnya produk geobag bisa mempertahankan bentuk pantai dengan meminimalisir dampak derasnya hantaman arus air laut. Untuk menggunakan produk ini sebagai pelindung pantai begitu mudah, mudah untuk dipasang dan hemat biaya.

Produk ini sejatinya merupakan geotextile jenis non woven yang kemudian dibentuk menjadi kantung. Dimana katung-kantung inilah kemudian akan diisi dengan material pasir. Dimana kemudian kantung dengan isi pasir inilah dapat mencengah terjadinya penyempitan area pantai.

Mengenal Geobag Berdasarkan Jenisnya

Sejatinya terdapat dua jenis geobag berdasarkan geotextile yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatannya, akan tetapi geobag dengan geotextile non woven lebih sering dijumpai dan digunakan saat ini.

Ya selain menggunakan non woven geotextile juga ada geobag yang menggunakn woven geotextile. Dimana kedua jenis geotextile tersebut memang jauh berbeda, jika woven geotextile merupakan geotextile berbentuk anyaman maka non woven geotextile tidak dianyam atau menyerupai bentuk karpet rumahan.

Fungsi Geobag

Sejatinya ada begitu banyak fungsi yang kemudian bisa didapat dari geobag, khsusus sebagai pecengah abrasi atau melindungi area pantai produk ini difungsikan sebagai pemecah gelombang.

Selain sebagai pencegah abrasi produk ini juga bisa difungsikan sebagai tanggul penahan material timbunan dan material konstruksi lahan basah.

Disamping dipergunakan pada konstruksi pencegah abrasi di pantai produk ini juga bisa digunakan untuk pencegahan longsor, bahan tanggul tangguh pada sungai dan muara sungai.

Kelebihan Geobag

Apabila disandingkan dengan metode pencegahan abrasi konvensional tentu produk geobag mempunyai banyak kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya, geobag dapat dibuat dengan menyesuaikan ukuran kebutuhan, lebih praktis, ramah lingkungan, harga relatif terjangkau, mudah dipasang dan mudah dipindahkan.

Selain beberapa kelebihan diatas saat ini juga produk ini juga mudah untuk ditemukan, tersedia bermacam pilihan kualitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.