Apa Itu Geobag, Bagaimana Cara Pemasangan

Apa Itu Geobag, Dan Cara Pemasangannya

Apa itu geobag – Merupakan kantung geotextile yang didesain sedemikian rupa agar kemudian bisa dipergunakan sebagai material panahan abrasi pada pantai, longsor pada tebing, hingga sebagai tanggul pada sungai dan muara.

Secara fisik produk ini menyerupai karung ataupun kantung yang kemudian di dalamnya bisa diisi pasir atau juga tanah. Untuk penggunaan produk ini dapat disusun sedemikian rupa sebagai penahan derasnya hantaman ombak di pantai, pemadatan tanah rawan longsor.

Selain hadir dengan beragam fungsi produk ini juga hadir dengan ukuran yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemasangan. Selian itu jika dibandingkan dengan teknologi pencegahan abrasi konvensional geobag telah terbukti memiliki efektifitas yang lebih baik.

Bagaimana Cara Pemasangan Geobag?

Terdapat lima tahapan utama pada instalasi atau pemasangannya yakni penyiapan lokasi pemasangan, produksi, pengisian, peletakan, dan tahap penyelsaian.

Adapun kualitas produk secara langsung akan ditentukan oleh geotextile dan benang jahit yang digunakan. Selain itu peralatan jahit juga harus sangat diperhatikan agar kekuatan jahitan tinggi sehingga tidak akan terjadi kebocoran.

Kemudian setelah produk ini diisi dengan material pasir, tanah bahkan kerukan pastikan juga jahitan penutup terjahit dengan baik. Selain itu pada area peletekan geobag hindari area yang kemudian dapat menyebabkan kerusakan atau kebocoran.

Menanggulangi Abrasi Pantai

Ada dua macam penyebab terjadinya penyempitan area pantai kerusakan yang disebabkan oleh manusia serta hantaman arus ombak atau abrasi. Khusus penyempitan are pantai akibat abrasi bisa dicegah dengan menggunakan produk ini.

Produk ini menawarkan efektitas dan efisiensi tinggi pada pencegahan abrasi yakni biaya hemat, pemasangan mudah, ukuran dapat disesuikan, praktis, mudah dipindahkan, dan daya pakai lebih lama.

Apa Bedanya Geobag dengan Geotube?

Secara konseptual sejatinya produk geobag dan geotube sama saja, hanya saja terdapat perbedaan pada ukuran, volume isi dan peruntukan tingkat abrasi yang akan ditanggulangi.

Jika geobag memiliki ukuran dan volume yang relatif lebih kecil maka geotube memiliki ukuran dan dapat diisi dengan volume yang sangat besar. Selain itu geobag diperuntukan pada abrasi yang tidak terlalu parah sedangkan geotube sebaliknya karena memiliki ukuran yang begitu besar.