Mesin Penyambung Spesifikasi, Ukuran & Harga

Mesin Penyambung | Spesifikasi, Ukuran & Harga

Mesin Penyambung – Spesifikasi, Ukuran & Harga, mesin penyambung biasa disebut mesin HDPE Butt Fusion yaitu mesin yang dimanfaatkan untuk menyambung Pipa HDPE, khususnya untuk pipa dengan diameter besar. 

Mengapa harus menggunakan mesin? Karena menyambung Pipa HDPE secara langsung atau manual hanya bisa dikerjakan jika pipanya berukuran paling besar 110mm atau 4 saja. 

Mesin ini menggunakan metode pengelasan. Namun pengelasan yang dimaksud bukanlah las konvensional yang biasa dipakai untuk mengelas besi ataupun baja. Las yang digunakan yaitu berupa plat pemanas (heating Plate). 

Ujung Pipa HDPE yang akan disambungkan, dipanaskan dan dilelehkan terlebih dahulu dengan Plat pemanas hingga suhu tertentu. Kemudian langsung saja menyambungkannya. Setelah tersambung, bagian yang disambungkan tersebut harus didinginkan hingga sambungannya menyatu dengan sempurna.

Mesin Penyambung Adalah

Mesin penyambung atau mesin HPDE yaitu salah satu alat atau komponen penting yang dibutuhkan pada saat proses penyambungan pipa. Saat menyambung pipa dibutuhkan teknik penyambungan yaitu dengan cara pemanasan. 

Teknik menyambung pipa dengan pemanasan ini memerlukan bantuan alat atau mesin yang dikenal dengan sebutan Welding Machine. Mesin ini ada 2 jenis, yaitu butt fusion machine dan electrofusion machine. Adapun kedua mesin ini dalam menyambungkan pipa menggunakan cara yang sama yaitu dengan pemanasan.

Kegunaan & Fungsi Mesin Penyambung

Kegunaan produk ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pipa penyambung memiliki biaya rendah karena zat CO2 gas adalah salah satu produk samping dalam proses pembuatan bir tanaman dan juga pabrik kimia.
  • Efisiensi dan produktivitasnya tinggi. Kepadatan pipa HDPE welding machine berada dikisaran antara angka 200 dibandingkan pengelasan manual dengan busur listrik (10-20). Welding mempunyai tepi yang tumpul, sehingga pada saat bersamaan kawatnya dapat mencair dengan cepat. Proses ini juga tidak meninggalkan ampas dan karakteristik lain selama pemasangan berlangsung.
  • Sesudah pengelasan, peluang deformasinya kecil. Busur listrik yang terkonsentrasi dengan pipa HDPE ini akan cenderung mempunyai mesin penghangat yang mengantarkan energi panas lebih kecil. Dengan begitu juga akan mempengaruhi sirkulasi udara yang terjadi. Hal ini juga berpengaruh terhadap proses pendinginan setelah terjadinya penyambungan.
  • Mesin penyambung ini sangat kuat, awet, dan juga anti karat. Mesin las pipa pipa HDPE mempunyai kemampuan anti karat yang lebih tinggi, sehingga bisa dikatakan aman untuk penggunaan jangka panjang.

Fungsi mesin penyambung antara lain yaitu:

  • Ragum Pipa, fungsinya adalah sebagai pengikat posisi agar pipa tidak bergeser. Selain itu difungsikan juga sebagai penggerak pipa maju dan mundur saat terjadinya proses pemanasan dan penyambungan.
  • Tuas Pipa, fungsinya untuk menggerakkan pipa maju dan mundur. Tipe tuasnya bisa mengarah ke depan maupun ke belakang,bahkan bisa ditarik maupun didorong.
  • Rel Pipa Hidrolik, hanya terdapat pada mesin pipa otomatis. Rel pipa hidrolik ini difungsikan sebagai pengganti tenaga manusia pada mesin manual dan membutuhkan listrik sebagai pengangkat daya.

Tabel Ukuran, Spesifikasi, dan Harga

Berikut ukuran dan spesifikasi mesin penyambung HDPE beserta daya listrik yang dibutuhkan:

Tabel Ukuran, Spesifikasi, dan Harga mesin penyambung

Adapun harga mesin penyambung pipa ini bervariasi tergantung jenis dan tipe pipa yang digunakan. Harganya bervariasi antara 2 juta yang manual hingga ratusan juta rupiah untuk yang menggunakan hidrolik.                                                                    

Faktor brand atau merek juga menjadi penentu dari nominal bandrol harga yang ditetapkan. Selain itu, dilihat dari spesifikasi, unit produk yang ditawarkan, maupun ukuran diameter pipanya juga bisa dijadikan sebagai tolok ukur penentu harga mesin penyambung pipa dipasaran.

Demikian info tentang mesin penyambung yang bisa kami share untuk Anda. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda yang belum tahu. Jika Anda hendak menyambung pipa, sebaiknya Anda mengetahui seluk beluk mesin penyambung pipa, meskipun hal ini bisa diatasi oleh tenaga professional.