Minyak Oli Spesifikasi Ukuran & Harga

Minyak Oli | Spesifikasi, Ukuran & Harga

Agar kendaraan digunakan lebih lancar dan baik, Anda mengaplikasikan minyak oli di mesin. 

Minyak ini bukan hanya untuk kendaraan saja, namun juga untuk mesin jahit pakaian. 

Selain itu, minyak oli juga memiliki berbagai merek yang bisa dijadikan pilihan berdasarkan kebutuhan. 

Harga dari setiap merek pun tentunya berbeda-beda tergantung kualitasnya.

Minyak Oli Adalah 

Minyak oli dapat diartikan sebagai minyak atau zat yang memiliki fungsi untuk melumasi mesin kendaraan yang dihasilkan dari destilasi bertingkat minyak bumi.

Saat ini, jenis produk ini beragam sesuai dengan kebutuhan. Oli dibedakan berdasarkan kandungannya sehingga mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Bahkan, di pasaran ada pula yang sintetis alias pelumas buatan yang bukan merupakan bagian dari minyak bumi.

Agar mesin kendaraan bisa digunakan dengan baik, maka sebaiknya periksa oli dari mesin tersebut. Waktu pemeriksaan oli mesin pada kendaraan biasanya sekitar tiga bulan sekali atau disesuaikan dengan jarak tempuh. Waktu ini tertera pada cara perawatan mesin yang Anda dapatkan ketika membeli kendaraan..

Sementara untuk oli mesin jahit dan lainnya diperiksa lebih cepat tergantung pada sering dan tidaknya pemakaian.

Untuk membedakan yang sudah layak ganti dan tidak dapat dilihat dari segi warna oli tersebut. Apabila warnanya masih bening atau sama dengan warna awal maka minyak oli tersebut masih layak. Namun apabila minyak oli sudah berubah menjadi warna hitam maka sebaiknya ganti minyak oli tersebut dengan yang baru.

Kegunaan & Fungsi Minyak Oli 

Kegunaan dan fungsi dari produk ini untuk sebuah mesin seperti dapat mengurangi gesekan langsung antar komponen mesin. Selain itu, minyak oli juga dapat menjadi pendingin bagi mesin karena dapat menyerap panas akibat pembakaran. Tidak kalah pentingnya adalah dengan menggunakan produk ini tentu dapat mencegah timbulnya karat yang terjadi pada mesin.

Fungsi lain dari produk ini juga dapat dijadikan sebagai peredam getaran atau tekanan yang besar pada mesin. Di mana tekanan ini biasanya terjadi pada ball bearing, roda gigi, maupun roller bearing. Oli dapat pula digunakan sebagai perapat untuk menghindari kebocoran pada mesin. Kebocoran tersebut terjadi melalui celah piston dan silinder. 

Tabel Ukuran, Spesifikasi, dan Harga

Jenis-jenis produk ini memang sangat banyak dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dimana ukuran dari minyak oli tersebut mulai 1 liter hingga 4 liter. Seperti oli mobil Prima Xp yang berukuran 4 liter kurang lebih Rp156.500. Adapun merek Castrol Oli Magnetec Sae ukuran 4 liter dengan harga kurang lebih Rp175.000 yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Ada pula oli untuk mobil merek HP Sport dengan ukuran 3,5 liter yang memiliki harga sedikit lebih mahal yakni berkisar Rp300.000. Untuk merek Repsol 1 liter dengan harga Rp190.000 yang banyak digunakan untuk mesin mobil. Selain mobil, motor juga memiliki mesin yang membutuhkan produk ini sebagai pelumas untuk mesin tersebut.

Merek oli yang dimaksud antara lain Pertamina Enduro dengan ukuran 800 mililiter dengan harga berkisar Rp36.000. Merek Repsol Moto Rider dengan ukuran 1000 mililiter dengan spesifikasi tahan lama memiliki harga Rp42.000. Begitu pula dengan Federal Matic dengan ukuran 800 mililiter yang memiliki harga kurang lebih Rp36.000 dengan spesifikasi bagus.

Itulah beberapa paparan mengenai produk ini untuk kendaraan baik itu motor maupun mobil. Memang mesin kendaraan membutuhkannya sehingga tidak mudah karatan dan kendaraan bandel alias mesinnya tahan lama. Apabila minyak oli dari mesin kendaraan habis maka kendaraan tersebut tidak dapat digunakan dengan baik. Selain itu, mesin juga harus rutin diperiksa.