Material Kontruksi Ciri-ciri Material Konstruksi Yang Berkualitas

Material Konstruksi Ciri-Ciri Material Kontruksi yang Berkualitas

Material Konstruksi Ciri-Ciri Material Kontruksi yang Berkualitas – Pada saat membangun sebuah bangunan tentu harus memiliki bahan material sehingga bangunan tersebut kokoh. Bukan hanya itu saja, manfaat dari bahan material konstruksi yang digunakan agar bangunan bisa tahan lebih lama dan berkualitas. Material juga diperlukan agar bangunan berbentuk sesuai keinginan dan kebutuhan.

Apa Ciri-Ciri Material Konstruksi yang Berkualitas?

Bahan material yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri material konstruksi yang berkualitas. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri material konstruksi yang berkualitas agar tidak salah memilih.

  1. Bahan Material Pasir

Mengenai ciri-ciri bahan material yang berkualitas dari bahan pasir dapat dilihat dari bersih tidaknya pasir tersebut. Di mana kebersihan dari pasir tersebut dapat dilihat dari kandungan lumpur karena memiliki pengaruh yang cukup besar pada bangunan. Selain itu, pasir yang bersih ini dapat mengurangi pemborosan pada pemakaian semen saat pengecoran beton.

  1. Bahan Material Besi Beton 

Ciri-ciri dari bahan material besi beton yang baik adalah yang terlihat sangat kuat. Dengan begitu, struktur bangunan akan baik dan berdiri kokoh apabila besi beton yang digunakan memiliki kualitas tinggi. Apabila biaya atau dana yang dimiliki tidak mencukupi, Anda dapat memilih besi beton yang memiliki kualitas menengah untuk struktur bangunan.

  1. Bahan Material Semen

Bahan material semen juga memiliki merek yang sangat banyak ditawarkan pada pasaran saat ini. Meskipun memiliki banyak merek namun tentu ada yang membedakan dari segi kualitas semen tersebut. Semen yang berkualitas dapat ditandai dengan bentuk semen yang bersih dan halus. Tujuan memilih semen berkualitas agar plesteran pada bangunan bisa kuat.

  1. Bahan Material Batu Merah

Penggunaan batu merah yang baik adalah yang berukuran sedang. Selain itu, batu merah tersebut memiliki tekstur yang keras dan tidak mudah pecah. Adapun fungsi dari penggunaan batu merah adalah tidak menyerap panas pada bangunan sehingga memiliki suasana yang lebih dingin.  

  1. Bahan Material Kayu

Dalam pemilihan kayu yang baik adalah dengan memilih kayu yang memiliki kadar air dibawah 20% sehingga konstruksi lebih kuat. Untuk menggunakan bahan material kayu yang berkualitas sebaiknya memiliki kayu yang berasal dari Kalimantan. Selain itu, pilih pula kayu yang sudah di oven agar nantinya tidak mudah lapuk.

  1. Bahan Material Genteng

Apabila memilih jenis genteng sebaiknya memilih genteng yang terbuat dari tanah liat dan juga beton. Hal tersebut menjadi pengaruh bagi keindahan dan memberikan suasana rumah yang lebih dingin. Akan tetapi untuk menggunakan genteng seperti ini sebaiknya pastikan jika kerangka atap lebih kuat.

Apakah Material Konstruksi Berkualitas Sulit Didapatkan di Indonesia?

Bahan material konstruksi yang berkualitas tentu tidak sulit didapatkan di negara Indonesia ini.

Contohnya, bahan material kayu yang berkualitas bisa didapatkan dari Kalimantan. Selain itu, batu merah juga bisa didapatkan di Aceh Barat dan semen berkualitas pun bisa didapat di daerah Bogor, Makassar, Padang, dan lain-lain.

Solusi Proyek Konstruksi Anda

Untuk mendapatkan hasil proyek konstruksi yang berkualitas tentu tidak lepas dari penggunaan bahan material yang bagus. Memang banyak bahan material yang disediakan tidak semua memiliki kualitas yang sama dan bagus. Maka dari itu, Anda harus pintar dalam memilih bahan material konstruksi berkualitas sebagai solusi untuk proyek Anda.

Itulah beberapa paparan mengenai ciri-ciri dari bahan material konstruksi yang berkualitas. Di mana kualitas bahan material dapat dilihat dari segi bentuk, bobot bahan, kehalusan, kebersihan, dan lain sebagainya. Hal tersebut harus diperhatikan pada saat memilih bahan material untuk sebuah bangunan baik bangunan gedung, rumah, maupun lainnya.