Daftar Perusahaan Kontruksi Yang Di Blacklist Tips & Istilah Dalam Konstruksi Bangunan

Daftar Perusahaan Konstruksi di Blacklist, Tips & Istilah Konstruksi Pembangunan

Perusahaan Konstruksi di Blacklist – Perusahaan konstruksi dapat diartikan sebagai perusahaan yang bergerak bidang konstruksi dalam memenuhi kepentingan masyarakat. Bidang konstruksi yang dimaksud seperti pembangunan infrastruktur, prasarana, dan sarana fisik. 

Perusahaan ini sebagai salah satu perusahaan industri yang hingga saat ini masih berkembang.

Daftar Hitam Perusahaan Konstruksi

Daftar hitam merupakan daftar dari sebuah lembaga yang terkena sanksi dari pihak tertentu. Penyebab sanksi yang didapatkan tersebut, karena lembaga atau perusahaan tersebut telah melakukan beberapa tidakan yang melanggar. 

Beberapa perusahaan konstruksi yang masuk daftar hitam, antara lain ada dalam pembahasan berikut.

  1. CV. Alfi Mandiri

Perusahaan yang berada di provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Kota Samarinda masuk sebagai daftar hitam. Perusahaan yang bergerak dalam bidang penawaran jasa konstuksi dan masuk dalam daftar blacklist kategori yang sama.

Adapun jenis jasa yang biasanya ditawarkan seperti bangunan hunian tunggal, bangunan komersial, konstruksi saluran air, dan lain sebagainya.

  1. PT. Verbeck Mega Perkasa

PT. Verbeck Mega Perkasa juga termasuk perusahaan kosntruksi yang berada di Kota Samarinda. Alasan perusahaan konstruksi ini masuk sebagai daftar hitam karena telah melakukan tindak pidana korupsi. Tindakan yang dilakukan dalam hal ini adalah mengambil sebuah keuntungan yang tidak wajar dari sebuah pembangunan yang dikerjakan.

  1. CV. Sari Bumi

Berasal dari Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang, CV. Sari Bumi kini masuk dalam daftar hitam perusahaan konstruksi. Perusahaan konstruksi ini masuk dalam daftar hitam karena diduga mangkir dari tanggung jawab dalam menyelesaikan proyek. Proyek yang dikerjakan saat itu adalah pembangunan Jembatan Desa Gunungsudo Dusun Darungan.

  1. CV. Kurnia Karya

CV. Kurnia Karya yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Cilacap telah melakukan tindakan yang melanggar. Dengan tindakan tersebut membuat perusahaan konstruksi ini termasuk dalam daftar hitam. Oleh karena itu, perusahaan konstruksi ini sudah tidak digunakan atas berbagai jasa yang telah ditawarkan oleh CV. Kurnia Karya.

  1. PT. Fatimah Indah Utama

Perusahaan kosntruksi yang diblacklist dan termasuk dalam daftar hitam adalah PT. Fatimah Indah Utama dari Kota Makassar. 

PT. Fatimah Indah Utama memang dibekukan dalam jangka waktu 1 tahun karena terjerat kasus korupsi. Korupsi yang dilakukan terjadi pada saat proses pembangunan Pelabuhan Perikan Nusantar Palipi sedang berlangsung. 

  1. PT. Era Global Conservasi

Perusahaan yang berasal dari Kota Langsa Provinsi Aceh memiliki seorang direktur bernama Agus Salim. Perusahaan ini termasuk dalam daftar hitam perusahaan konstruksi yang dibekukan akibat tindakan yang dibuat sang direktur. PT. Era Global Conservasi ini bergerak dalam bidang pengembangan kawasan ekowisata dan juga konservasi.

Penyebab Diblacklistnya Perusahaan 

Diblacklistnya sebuah perusahaan konstruksi tentu tidak lepas dengan adanya alasan tertentu. Penyebab diblacklistnya sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi adalah melakukan berbagai tindakan yang melanggar. Tindakan yang dimaksud seperti korupsi, lepas tanggung jawab terhadap proyek, dan lain sebagainya yang dilakukan perusahaan.

Tips Memilih Perusahaan Jasa Konstruksi

Dalam memilih perusahaan yang menawarkan jasa konstruksi pun harus berdasarkan beberapa tips. 

Tips yang dimaksud seperti melihat dari portofolio yang dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, selalu mempertimbangkan lokasi perusahaan konstruksi dan lihat pula harga yang ditawarkan. Tidak kalah pentingnya adalah melihat testimoni dari pelanggan perusahaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai daftar perusahaan konstruksi di blacklist. Memang setiap perusahaan yang diblacklist memiliki alasan tertentu yakni melakukan tindakan yang tidak sesuai. Namun, bukan berarti itu melepaskan mereka dari tanggung jawab. Akibat dari tindakan yang dilakukan ini tentu perusahaan yang bersangkutan mendapat sebuah sanksi dan masuk dalam daftar hitam.