Bronjong Adalah … | Fungsi, Spesifikasi & Kelebihan

Bronjong Adalah … | Fungsi, Spesifikasi & Kelebihan

Bronjong Adalah … – Penting bagi mereka yang bekerja di bidang arsitektur atau konstruksi bangunan untuk mengetahui Fungsi, Spesifikasi & Kelebihan Bronjong. Dengan demikian, ketika merencanakan sebuah gedung, misalnya dapat diperkirakan bahan ini akan digunakan atau tidak.

Produk ini merupakan bahan yang terbuat dari bahan logam yang lentur, kuat, dan bentuknya panjang. Sedangkan jaring bronjong terbuat dari anyaman kawat galvanis atau kawat baja yang disusun dalam bentuk tertentu, yaitu berbentuk kotak dan memiliki lubang segi enam. Lubang tersebut berfungsi sebagai perekat dan memperkuat tumpukan batu.

Jaring bronjong biasanya dipasang di tebing sungai dan tebing tanah. Kekuatan kawat logam sangat tergantung pada jenis bahan yang digunakan untuk bronjong atau tenun. Kemungkinan berbagai gangguan, baik itu proses pembuatannya atau tidak, dan perawatan kawat bronjong itu sendiri, juga akan mempengaruhi daya tahan dan kekuatannya.

Fungsi Utama

Secara umum, jaring bronjong digunakan untuk mencegah keausan, erosi dan tanah longsor. Kawat seperti ini biasanya dipasang pada bangunan dekat pantai, sungai, dan tebing yang rawan longsor. Bentuk gabion mesh adalah persegi dan heksagonal. Pembuatannya disesuaikan dengan rumus perhitungan.

Fungsi Aplikasi

Penerapan struktur Gabion sangat umum, digunakan sebagai struktur penahan, pelindung jembatan, pelindung rel kereta api, sarana untuk memperkuat tebing, dan sebagainya.

  • Groynes / Groundsill

Ini adalah struktur jaring bronjong yang digunakan untuk membantu mencegah erosi di sepanjang sungai, terutama di tikungan sungai. Pemasangan groynes gabion dapat memperlambat aliran air, sehingga mengurangi erosi air pada tanggul sungai, dan dapat mengumpulkan lumpur di dasar atau tepi sungai.

  • Lining atau Pelindung tepi sungai

Aliran air dapat mengikis tepian sungai, dan pada saat yang sama dapat membahayakan struktur sungai itu sendiri, karena erosi juga terjadi pada pondasi. Jika hal ini terjadi, dapat mengakibatkan kegagalan struktur penahan tanah, sehingga mengakibatkan longsor pada bantaran sungai. Menata batu pada kawat bronjong yang masih berlubang dapat digunakan sebagai sarana menanam rumput agar strukturnya lebih kuat dan terlihat hijau serta asri.

  • Retaining Wall

Produk ini dapat digunakan sebagai dinding penahan tanah untuk menahan beban dan tekanan tanah aktif di atasnya. Struktur bronjong tugas berat dapat memberikan momen guling yang besar untuk menahan kemungkinan geser.

  • Pelindung Gorong-gorong

Kombinasi kawat baja dan struktur gorong-gorong tidak hanya dapat berfungsi sebagai pelindung gorong-gorong, menanggung tekanan beban, tetapi juga berfungsi sebagai dinding penahan.

  • Pelindung Abutment

Mencegah gerusan pada bagian konstruksi jembatan yang penting. Perisai tidak akan mengganggu konstruksi seluruh jembatan karena aliran air sungai di abutment. Bahan yang digunakan untuk membuat jaring bronjong dan pengencang pada setiap benang harus kuat, mengingat fungsinya yang sangat penting bagi banyak orang.

Spesifikasi Kawat Bronjong

Adapun mengenai spesifikasi, ukuran dan informasi tehnis seputar kawat bronjong adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kotak = 2x1x0,5 meter; 2x1x1 meter; 3x1x0,5m; 3 x 1,5 x 0,5 meter.
  • Kawat kepang/ukuran kawat samping = 2,7 mm/3 mm; 3 mm/4 mm.
  • Ukuran lubang anyaman kawat = 80 x 100 mm.
  • Heksagonal.
  • Lilitan ganda (3 kali lilitan).
  • Toleransi ukuran kawat = 5%.

Demikian artikel mengenai produk ini, fungsi, spesifikasi beserta kelebihannya yang dapat kami share untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi pemahaman baru perihal kawat bronjong. Jadi, bagi Anda yang dulu penasaran kenapa ada kawat besar-besar yang berisi bebatuan ditepi pantai maupun jembatan, kini Anda sudah paham bukan fungsinya untuk apa?