Bitumen Spesifikasi Ukuran & Harga

Bitumen | Spesifikasi, Ukuran & Harga

Pernah mendengar istilah material bernama bitumen? Ya! Pada uraian kali ini akan di bahas secara lugas dan menarik apa sebenarnya spesifikasi, kegunaan, ukuran hingga harga barang satu ini. 

Bagi yang membutuhkan material bitumen ini maka wajib sekali menyimak hingga akhir uraian kali ini agar tidak mengalami kebingungan lagi ketika ingin membelinya. 

Material bernama bitumen ini sendiri banyak sekali diaplikasikan dalam kehidupan manusia mulai dari keperluan pribadi hingga insfratruktur umum. 

Namun, sebelum membahas jauh mengenai spesifikasi, harga, ukuran atau kegunaannya maka anda wajib mengenal pengertian dari bitumen ini sendiri agar tidak bingung saat akan membelinya. 

Nah, kira-kira apa sih material bitumen itu? Mari temukan jawabannya pada ulasan-ulasan berikut ini. 

Bitumen Adalah

Nah sebelum membahas mengenai kegunaan, fungsi, spesifikasi, hingga harga dari material bitumen maka menjadi lebih tepat untuk mengenal pengertiannya terlebih dahulu. 

Bitumen atau yang biasa juga dikenal dengan istilah aspal adalah suatu cairan kental yang berasal dari senyawa hidrokarbon. Cairan hidrokarbon tersebut mengandung sedikit unsur sulfur, oksigen, juga klor dalam setiap materialnya.

Jenis bitumen atau aspal sendiri bersifat viskoelastis, tahap terhadap air, dan biasanya berwarna hitam kecoklatan. 

Material satu ini tidak hanya bisa ditemui sebagai material di jalanan, namun bisa juga di manfaatkan sebagai genteng lho! Tidak hanya itu, istilah bitumen sendiri juga merujuk pada jenis batu bara yang gelap, berkilau, serta berwarna hitam yang banyak ditemukan pada alam.

Kegunaan & Fungsi

Tentu saja material satu ini memang memiliki kegunaan serta fungsinya yang unggul dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya. 

Bitumen sendiri memiliki dua jenis yaitu padat dan juga cair yang bisa didapatkan hanya dari media penambangan batu bara saja. Fungsi dari produk ini antara lain bisa dijadikan sebagai bahan pengikat pada campuran aspal untuk pembangunan jalan raya. 

Tidak hanya bisa diaplikasikan ke dalam bentuk aspal, produk ini bisa juga berfungsi untuk menjadi beton hingga genting. Material ini juga berfungsi baik dalam industri baja hingga bahan bakar. Sungguh menarik dan kaya manfaat sekali bukan?

Tabel Ukuran, Spesifikasi dan Harga 

Untuk spesifikasi bitumen sendiri antar jenisnya tentu saja beragam, misal antara yang padat atau cair tentunya memiliki perbedaan. Misalnya bitumen sudah dalam bentuk aspal, genting atau beton misalnya maka akan berbeda spesifikasinya jika masih dalam bentuk cairan batubara. Namun umumnya produk ini memiliki spesifikasi sebagai senyawa yang sangat bermanfaat dan bisa diubah dalam berbagai kegunaan.

Untuk harga produk ini sendiri juga memiliki perbedaan tergantung sudah dalam bentuk jenis bendanya. Untuk harga bitumen batubara melansir dari berita resmi adalah berkisah di angka 70-90 dollar Amerika per/ton. Berbeda harganya ketika sudah menjadi genting yang biasanya dibandrol pada kisah 50 rb rupiah per/buah. Jika sudah diaplikasikan dalam bentuk atap maka material ini memiliki harga jual 200 ribuan. Jadi bisa dipahami bukan perbedaannya?

Berikut ini adalah tabel ukuran dari bitumen yang masih berupa material dasar

bitumen coal

Jadi itulah di atas adalah uraian mengenai pengertian dari produk ini, kegunaan, fungsi hingga tabel ukuran. Material satu ini yang ternyata memiliki banyak kelebihan terbaiknya. Tidak hanya itu, di atas juga sudah dijelaskan secara rinci mengenai spesifikasi dasar dari material biten serta harganya yang banyak dijual di pasaran. 

Nah, apakah kini anda yang ingin membeli produk ini sudah tidak menemukan kebingungan lagi? Belilah material tersebut sesuai dengan kebutuhan serta alokasi anggaran yang tersedia, selamat berbelanja!