Wermes Adalah … Fungsi & jenis Wiremesh

Wermes Adalah … Fungsi & jenis Wiremesh

Wermes Adalah – Mengenal Fungsi dan jenis Besi Wiremesh. Wiremesh adalah rangkaian besi yang terdiri dari baris paralel dan kolom kabel berpotongan. Kabel yang berpotongan ini biasanya disambung dengan cara dilas, sehingga saling terikat dengan sempurna dan kuat. 

Wiremesh dan spesifikasinya sangat beragam karena terbuat dari berbagai bahan dan paduan logam. Wiremesh memiliki bentuk dan ukuran yang hampir tidak terbatas, serta berbagai bahan dan paduan logam.

Baja merupakan elemen penting dalam arsitektur. Salah satu produknya adalah wiremesh, yang banyak digunakan di berbagai bidang, seperti dalam pembuatan gedung bertingkat. Definisi wiremesh di sini lebih berfokus pada kepentingan khusus wiremesh untuk manfaat proyek pengecoran.

Wermes atau Wiremesh

Jenis wiremesh yang disebutkan dalam hasil analisis Google itu unik, orang Indonesia terkadang menyebut wiremesh sebagai wermesh, wermes, dan wiremesh.

Wiremesh, juga dikenal sebagai lembaran kawat, adalah produk serba guna dengan ribuan aplikasi berbeda di seluruh dunia. Jenis produk wiremesh itu sendiri tergantung pada kapasitas produksi, dan kombinasi ukuran dan diameter kabel yang dapat dihasilkan hampir tidak terbatas, apakah itu struktur jalinan atau struktur las.

Selain digunakan pada bangunan tempat tinggal, Wiremesh juga digunakan pada industri. Jika perlu, dapat digunakan untuk pemisahan atau penyaringan. Aplikasi wiremesh lainnya digunakan untuk berbagai hal, seperti keamanan.

Fungsi Wiremesh

Berikut beberapa fungsi dan kegunaan wiremesh:

  • Penguatan beton di lapangan juga sering digunakan sebagai tulangan beton buatan tangan, seperti pelat lantai gedung atau jembatan bertingkat, karena praktis dan mudah dipasang.
  • Perkuatan beton pracetak-Fungsi pertama wiremesh adalah menjadi tulangan beton pracetak, seperti pelat penutup beton, gorong-gorong BOC dan sebagainya.
  • Penguatan beton tanah-wiremesh juga dapat digunakan untuk memperkuat beton yang diletakkan di atas tanah, seperti sudut beton atau jalan tol yang juga menggunakan beton
  • Menggantung tulangan-kawat beton juga digunakan untuk menggantung tulangan beton, seperti dekorasi arsitektur atau selokan.
  • Pemasangan jaring besi-jaring kawat besi juga dapat digunakan untuk membuat berbagai perangkat besi, seperti rak pot taman vertikal, tanaman rambat, sangkar, atau media pengisi pagar.

Jenis-jenis Wiremesh

Jenis-jenis wiremesh bisa dibedakan berdasarkan metode pengemasan dan juga berdasarkan profil besinya. Berdasarkan metode pengemasannya, ada 2 jenis wiremesh di toko konstruksi, yaitu wiremesh lembaran dan wiremesh gulung. Berikut perbedaan antara keduanya:

  • Wiremesh lembaran logam-Kawat kawat logam yang dijual dalam bentuk lembaran biasanya besi dengan diameter yang terlalu besar untuk digulung. Ukuran layar adalah 5,4m x 2,1m, tetapi beberapa produsen membuat ukuran yang berbeda, jadi Anda harus memeriksanya terlebih dahulu.
  • Gulungan kawat- Gulungan kawat biasanya terbuat dari besi yang lebih kecil dan lebih fleksibel sehingga dapat digulung. Wiremesh gulungan biasanya digunakan untuk pagar atau jaring di kandang hewan.

Sedangkan jenis wiremesh berdasarkan profil besinya juga dibagi menjadi 2 bagian yaitu: wiremesh besi polos dan wiremesh besi ulir.

  • Wiremesh biasa (besi polos) -Terbuat dari besi bundar biasa dan memiliki harga yang lebih murah.
  • Wiremesh berulir terbuat dari kawat besi (spiral stroke), dianggap lebih cocok untuk tulangan beton, karena benang pada besi dapat membantu untuk menjepit beton lebih kuat, sehingga membuat kualitas beton lebih kuat.

Demikian informasi yang dapat kami share mengenai wiremesh, fungsi dan juga jenis bijinya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberi pengetahuan baru bagi Anda yang belum pernah mendengarnya. Jadi, wermes itu sama dengan wiremesh ya! Karena penyebutan orang-orang untuk mempermudah saja sehingga bagi yang kesulitan mengatakan wiremesh akan berubah menjadi wermes.