Baja Dan Daftar Produk, Ukuran, Serta Spesifikasinya

Baja Daftar Produk, Ukuran dan Spesifikasinya

Saat ingin membuat bangunan atau bahan konstruksi lainnya maka baja adalah bagian material yang tidak terpisahkan.

Anda sebagai ahli kontruksi atau pengguna kasanya perlu memahami daftar produk apa saja dan kegunaannya. Tidak lupa ukuran serta spesifikasi dari masing-masing produk tersebut agar mudah saat akan membeli. Setelah itu, baru mencari penjual atau toko terbaik yang menjual material ini berkualitas terbaik.

Daftar Produk Baja dan Kegunaanya

Jika mendengan atau membaca mungkin Anda sudah terbayang bentuknya. Namun, jika ingin membangun sebuah konstruksi perlu sekadar bentuk. Anda juga hars tahu daftar produk ini dan kegunaannya seperti yang diuraikan berikut.

  1. Baja Ringan Kaso

Jenis ini bisanya dipakai untuk konstruksi bangunan bagian atas. Misalnya saja sebagai tiang penyangga dan digunakan untuk menopang. Untuk pemakaian jenis kaso ini pun disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada bagian rangka bangunan pada sebuah konstruksi, bagian atas merupakan hal penting. Di mana pemasangan produk ini harus sesuai dan bisa menopang secara kuat atapnya.

  1. Baja Ringan Reng

Pada jenis reng ini biasanya dimanfaatkan untuk atap rumah atau bangunan. Dengan rangka untuk bagian yang akan diletakkan genteng di atasnya. Hal ini sangat efektif karena ringan dan mampu dipadukan dengan genteng.

Biasanya penggunaan baja ringan reng ini digunakan untuk memudahkan dalam pemasangan genteng atap. Dibandingkan dengan menggunakan kayu, baja ringan jenis reng ini sangat efektif dan memudahkan. Produk ini lebih tahan lama karena tidak dimakan rayap.

  1. Baja Ringan Taso

Pada jenis taso ini fungsinya untuk mengikat tiang utama dan kuda-kuda yang memperindah bagian bangunan dan konstruksi. Biasanya jenis taso juga disebut dengan plavond. Merupakan bagian dari desain sebuah bangunan atau plafon bangunan.

Jadi biasanya untuk desain yang lebih menarik, jenis taso ini dipadukan dengan bangunan. 

Ukuran dan Spesifikasi Masing-Masing Produk Baja

Berikut ini merupakan ukuran dan spesifikasi dari produk baja ringan yang ada. Mulai dari jenis, ketebalan, tinggi profil dan panjangnya.

No.JenisKetebalanTinggi profil Panjang
1.Baja ringan kaso (kanal C)0.60 mm, 0.65 mm, 0.70 mm, 0,75 mm dan 1.00 mm75 mm6 meter
2. Baja ringan reng0.45 mm28 mm – 40 mm6 meter
3.Baja ringan taso0.65 mm, 0.75 mm, 0.80 mm dan 1.00 mm75 mm6 meter

Tips Memilih Toko Penjual

Lalu bagaimana tips untuk memilih toko penjual material ini? Ketika akan membeli produk ini di toko penjual produk ini Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pastikan Berstandar SNI

Untuk bisa mendapatkan produk ini dengan kualitas terbaik, maka harus pastikan yang telah berstandar SNI. Hal ini sangat penting diperhatikan di mana standar SNI merupakan standar yang berlaku secara nasional. Menyangkut dengan siste keamanan dan jaminan dari sebuah bangunan atau produk tersebut.

  1. Ada Garansi

Hal ini juga penting diperhatikan, di mana garansi merupakan jaminan kepada pengguna untuk bisa mengatasi masalah yang ada. Jadi saat ada problem atau cacat produk, maka penggunanya bisa melakukan klaim terkait hal tersebut. 

  1. Perhatikan Bracing

Bracing merupakan kata yang menunjukkan ketebalan baja ringan. Pentingnya memperhatikan bracing ini ada hubungannya dengan sifat. 

Apalagi digunakan dalam konstruksi bangunan, maka sebaiknya untuk mengecek dan sesuaikan dengan kebutuhan. Ini penting agar tingkat keamanan dan kenyamanan terjamin dalam menggunakan baja ringan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih baja ringan. Sebuah bahan yang sangat penting menjadi bagian pada sebuah konstruksi bangunan yang ada. Oleh karena itu, perhatikan dan gunakan panduan yang sesuai untuk mendapatkan yang terbaik.