Rockwool Cultilene, Harga Terbaik Tahun Ini

Rockwool Cultilene, Harga Terbaik Tahun Ini

Bercocok tanam kini bukan hanya menggunakan tanah sebagai medianya, akan tetapi banyak pilihan lainnya. Rockwool cultilene merupakan salah satu yang tengah banyak diminati dikalangan pencinta hidroponik. Selain memiliki kelebihan, mudah dalam penggunaan juga harga yang sangat terjangkau. Apalagi jika Anda tak memiliki halaman luas, media tanam jenis ini sangat sesuai.

Rockwool merupakan media tanam yang berasal dari beberapa jenis batuan terutama vulkanik. Campuran batuan melalui sebuah proses pembuatan yang cukup rumit dengan menggunakan suhu yang sangat tinggi yaitu hingga 1.600 derajat celcius. 

Kini ada pula rockwool jenis lain yang berasal dari luar atau impor bernama cultilene. Dibandingkan dengan rockwool lokal, yang satu ini memiliki kelebihan.

Jenis-jenis Media Semai

Saat ini ada banyak media tanam yang bisa Anda pilih selain menggunakan tanah dan rockwool cultilene seperti yang disebutkan di atas. Media tersebut, antara lain:

  • Arang Sekam

Banyak digunakan sebagai media tanam hidroponik yang telah ada sejak lama sekali. Harga yang lebih murah serta mudah Anda buat sendiri di rumah menggunakan sekam yang sejatinya merupakan limbah.

  • Rockwool

Media tanam atau semai berikutnya yang tengah banyak diminati karena memiliki komposisi antara udara dan air yang seimbang. Terdapat dua jenis rockwool yaitu lokal serta impor atau rockwool cultilene.

  • Hidrogel

Hidrogel umumnya digunakan di dalam rumah untuk jenis tanaman hias dengan daya serap cukup baik. 

Bahan ini terbuat dari bahan polimer dan sangat indah dipandang saat telah diisi dengan tanamn hias berukuran kecil. 

Masih ada beberapa jenis lagi dari media tanam atau semai yang bisa Anda pilih dan gunakan selain tanah. Menyiasati lahan yang kecil tapi ingin memcoba bercocok tanam dan terbukti dapat menjadi sebuah profesi.

Ukuran & Harga Rockwool Cultilene

Rockwool yang ada sekarang ini bukan hanya untuk peredan suara serta panas saja, akan tetapi untuk media semai juga. Rockwool yang digunakan untuk media semai sedikit berbeda meskipun memiliki kemampuan menyerap yang sama. Rockwool yang satu ini ada pula yang berasal dari luar negeri dengan daya serap air lebih baik. Bentuk dari rockwool impor atau dikenal dengna nama cultilene berbeda,  yaitu balok persegi atau kubus.

Rockwool cultilene dijual dengan ukuran atau satuan yang disebut slab yang berat volume kurang lebih 2 kg. Satu slab umumnya berukuran 100 cm x 15 cm x 7,5 cm dan berat bersih sekitar 700 gr. Rockwool jenis ini mudah Anda temukan dibanyak toko online atau perlengkapan cocok tanam dengan harga sekitar Rp 50.000.

Kekurangan & Kelebihan Rockwool Cultilene

Menggunakan sebuah media semai selain tanah tentu memiliki kelebihan serta kekurangan yang berbeda-beda. Termasuk dengan rockwool jenis cultilene yang kini tengah menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia.

Kelebihan :

  • Ringan.
  • Praktis.
  • Cocok untuk semua jenis tanaman.
  • Mudah menyerap dan menyimpan air.
  • Tidak berjamur.
  • Ramah lingkungan.
  • Mudah digunakan dan masih banyak lagi.

Kekurangan :

  • Harga relatif mahal karena dibuat melalui sebuah proses yang cukup rumit.
  • Dibeberapa kota, rockwool sulit ditemukan pada toko pertanian, kecuali secara online.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh rockwool cultilene yang tengah ramai dan banyak dipilih untuk bercocok tanam. Anda bisa memulai bercocok tanam dengan salah satu media semai yang ada.