Geotextile vs Geobag, Apa Bedanya?

Geotextile vs Geobag, Apa Bedanya?

Geotextile vs Geobag – Kedua produk ini merupakan bagian dari produk geosintetik, apa bedanya? pastinya keduanya banyak digunakan pada bangunan konstruksi modern saat ini. Tidak tanggung-tanggung hampir semua proyek bangunan konstruksi saat ini di Indonesia saat ini baik skala kecil hingga besar menggunakan produk geotextile.

Bagaimana dengan geobag? sejatinya geobag itu sendiri merupakan geotextile yang dibentuk menjadi kantung ataupun wadah untuk kemudian bisa diisi dengan material pasir ataupun tanah.

Baik itu geobag ataupun geotextile mempunyai masing-masing fungsi dan peruntukan pengaplikasian, walaupun pada dasarnya dua produk geosintetik ini berasala dari satu produk yang sama.

Baca Juga :

Bagaimana Proses Pembuatan Geotextile?

Apa Itu Produk Geosintetik?

Produk geosinteitik jika di deskripsikan secara ilmiah berarti produk material tiruan (sintetik) atau material buatan (tidak alami) yang kemudian dipergunakan sebagai bahan atau material bangunan modern.

Terdapat beberapa jenis produk yang masuk dalam kategori produk geosintetik diantaranya geotextile, geobag, geogrid, geomembrane dan geotube. Semua produk tersebut di era saat ini telah banyak digunakan untuk pelbagai proyek konstruksi, bangunan dan rekayasa era modern.

Mengenal Karpet Geotextile

Geotextile yang secara sepintas menyerupai karpet terbagi menjadi dua jenis yakni geotextile non woven dan geotextile woven. Keduanya dari segi fungsi diperuntukan pada jenis media pengaplikasian yang berbeda. Jika geotextile non woven memiliki tingkat kelenturan yang tinggi maka woven geotextile bersifat lebih kaku.

Maka dari itu untuk geotextile woven umumnya kebih banyak difungsikan sebagai material stabilisasi tanah dasar karena memang memiliki kekuatan kuat tarik yang tinggi dan bersifat kaku. Sedangkan Untuk geotextile non woven acap kali digunakan sebagai sebagai material filtrasi dan separator.

Perbedaan Fungsi Geotextile vs Geobag

Jelas kedua material geosintetik memiliki fungsi ataupun peruntukan yang berbeda. Untuk geobag sering digunakan sebaga material penahan abrasi pada pinggiran pantai ataupun sungai, selain itu juga bisa digunakan sebagai penahan tanggul. Berbeda dengan geotextile secara lebih luas bisa difungsikan sebagai material perkuatan, filtrasi, separator, hingga stabilisasi. Apapun jenis material geosintetik yang anda butuhkan pahami, pelajari dan gunakan pilihan dan rekomendasi terbaik.

Baca Juga :

Geomembrane Fungsinya Sebagai Pemisah

Kategori

Posts