Gabion Bronjong, Distributor No.1 Di Indonesia

Gabion Bronjong | Distributor No.1 Di Indonesia

Gabion Bronjong – Kawat bronjong atau yang lazim disebut sebagai gabion bronjong adalah anyaman kawat lilitan ganda atau berulang yang membentuk lubang hexagonal dengan cara diikat antar sisinya dengan kuat. 

Itulah yang membedakan antara kawat bronjong dengan anyaman kawat biasa.

Adapun kekuatan dari kawat bronjong ini yaitu ada pada kekuatan tarik kawatnya, serta adanya lapisan galvanis yang menjadikan kawat ini tidak mudah berkarat. Kekuatan lilitan ganda yang ada pada lubang hexagonal anyaman juga membuatnya menjadi tidak mudah terurai.

Gabion bronjong biasanya digunakan untuk mencegah erosi, abrasi, dan longsor pada sungai, pantai, bendungan, dan lain-lain. Selain itu, gabion bronjong juga bisa dimanfaatkan untuk memperkuat tebing agar tidak terjadi longsor. Bisa juga digunakan untuk menyusun bebatuan dalam bentuk tertentu atau yang lazim disebut sebagai karya seni gabion.

Tipe-tipe Bronjong Serta Tips Memilihnya

Kawat bronjong mempunyai 2 tipe , yaitu: kawat galvanis (Gabion) dan kawat pvc. Untuk kawat galvanis, bronjong diberi lapisan bahan anti karat yang menyerupai krom sehinga nantinya akan mempuyai kekuatan yang tahan terhadap karat. 

Sementara kegunaan kawat galvanis yaitu sebagai bahan baku pembuatan bronjong atau gabion, bahan baku kawat harmoni, dan juga kawat pagar berduri.

Sedangkan kawat pvc merupakan kawat galvanis yang dilapisi bahan karet semi plastik pada bagian luar sehingga hampir mirip seperti kabel listrik dan memiliki warna lapisan yang berbeda-beda.

Adapun tips dalam memilih kawat bronjong ini, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. 

Jika kawat bronjong nantinya akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan bronjong atau gabion laut, maka sebaiknya menggunakan kawat pvc, karena kawat pvc memiliki 2 lapisan yang bisa menahan tingkat keasaman yang sangat tinggi.

Jika kawat bronjong akan digunakan sebagai penahan longsor atau untuk estetika saja, maka Anda bisa menggunakan kawat bronjong galvanis.

Harga Bronjong Tahun Ini

Harga kawat bronjong di tahun 2021 ini masih sangat bervariasi tergantung dari ukuran dan jenisnya. Jika Anda ingin mendapatkan harga paling murah, Anda bisa mencari dan menghubungi distributor no.1 di Indonesia. Apalagi jika kebutuhan kawat gabion bronjong Anda sangat banyak, lebih baik untuk menyisihkan waktu mencari dan mendapatkan distributor terbaik, agar selain Anda mendapatkan harga murah, Anda juga bisa mendapatkan distributor yang handal dan terpercaya.

Mengenai kisaran harga kawat bronjong, berkisar antara 200 hingga 300 ribuan rupiah. Tiap wilayah patokan harganya juga berbeda-beda. Harga ini tidak mengikat, tergantung dari distributor bronjong dimasing-masing wilayah. 

Bahan & Pembuatan Bronjong Gabion

Untuk bahan bronjong sendiri, harus terbuat dari bahan baja karbon rendah berlapis galvanis tebal. Minimum kawat anyamannya harus 0, 26 kg/ m2, sedangkan kawat tulangan tepi harus 0, 275 kg/ m2. Kawat  pengikatnya harus 0, 24 kg/ m2 dan memenuhi BS 1052/ 80 dan BS 443/ 82. 

Kawat bronjong juga harus dianyam agar memiliki kekuatan yang saling tertopang. Anyamannya juga  harus merata berbentuk segi enam (hexagonal) yang teranyam dengan 3 lilitan dengan bukaan lubang kira-kira 80 mm x 110 mm.

Demikian informasi mengenai produk ini, distributor no.1 di Indonesia. Anda bisa mendapatkan gabion bronjong inidi sini. Bagi Anda pecinta seni karya gabion juga jangan sampai melewatkan hal ini ya! Karena sekarang ini gabion bronjong tidak hanya digunakan untuk aplikasi fungsional saja, melainkan bisa juga dimanfaatkan untuk menjadi olahan yang estetis.