Apa Itu Waterstop?

Apa Itu Waterstop? Penjelasan Lengkap Dari Ahli

Waterstop merupakan produk yang difungsikan sebagai pencegah aliran cairan pada struktur beton dimana cairan tersebut akan disalurkan secara berkesinambungan melalui sambungan beton. Berdasarkan karakteristiknya terdapat dua jenis produk ini yakni Waterstop Expands Able dan Waterstop Sudden Block.

Dimana pada kedua jenis produk ini diatas didalamnya juga terbagi lagi ke dalam beberapa jenis seperti pada jenis expands able yakni hydroswelling dan hydrophilic. kemudian pada jenis sudden block juga ada pvc atau polyvinylchloride.

Fungsi Waterstop

Sejatinya produk waterstop dipergunakan sebagai material penyumbat celah kosong yang terdapat pada sambungan beton sehingga kebocoran air melalui sambungan ataupun celah beton tidak akan terjadi.

Adapun setiap celah yang terdapat pada pada stop cor ataupun joint merupakan cikal bakal terjadinya kebocoran pada sruktur bangunan yang menampung ataupun bersentuhan langsung dengan air. Maka sebab dari itu dibutuhkan dan dipasang produk ini.

Baca Juga :

Cara Meredam Suara Ruangan

Jenis Waterstop

Seperti yang sudah sempat disebutkan sebelumnya berdasarkan karakteristiknya terdapat dua jenis produk ini. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Expands Able

Waterstop jenis ini bekerja dengan cara mengembang setelah dipasang pada celah beton sehingga celah untuk kemudian masuknya air akan tertutup, dimana proses pengembangan tersebut akan terjadi setelah terkena oleh air. Terdapat duan jenis produk ini yakni hydroswelling dan hydrophilic.

  • Sudden Block

Lebih familiar dengan sebutan waterstop PVC dimana produk ini dapat menyesuaikan dengan bentuk ataupu dimensi beton sehingga jika dipasang dengan tehnik yang tepat kebocoran terjamin tidak akan terjadi. Sepintas pvc jenis ini menyerupai karet besar yang lentur akan tetapi kuat. Ada beberapa jenis pvc yang kemudian untuk penggunaanya disesuaikan dengan bentuk dimensi beton pemasangan seperti dumbel, rear guard, angle guard, watafoil dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Apa Itu Galvanis? Cari Tahu Disini

Info Harga

Mengenai harga untuk produk ini cukup beragam karena memang tersedi beberapa merk produksi degan masing-masing kualitasnya. Untuk jenis pvc umumnya berukuran roll dengan harga muali dari Rp800000-an hingga Rp1300000-an per tiap satuan rollnya tergantung dengan jenisnya, selain itu saat ini cukup mudah untuk mendapatkan produk ini.

Kategori

Posts