Cara Meredam Suara Ruangan

Cara Meredam Suara Ruangan Secara Efektif

Cara meredam suara ruangan – Kebisingan yang sering kali muncul seperti di era saat ini memaksa manusia harus bisa melakuka inovasi untuk kemudian kebisingan tersebut dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Kehadiran produk peredam suara telah ada sejak ada sejak abad ke 19 di Eropa.

Dimana saat tu peredam suara dibuat dengan menggunakan bahan mineral bebatuan atau saat ini produk peredam suara jenis ini lebih dikenal dengan sebutan rockwool. Tentu untuk pereda suara ruangan selain rockwool masih banyak jenis lainnya seperti glasswool, greenwool, busa dan masih banyak lagi.

Apa Itu Peredam Suara?

Peredam suara merupakan material yang dipasang pada bagian dalam ataupun luar ruangan ataupun alat dengan tujuan mengurangi suara dan getaran (mengedapkan dan menyerap) yang dihasilkan oleh sumber suara.

Produk ini tidak hanya dipasang pada bagian dalam sebuah ruangan akan tetapi juga dapar dipasang pada bagia luar ruangan dalam artian dengan tujuan untuk membuat sebuah ruangan menjadi kedap suara. Akan tetapi sejatinya dimanapun letak dari produk peredam suara tersebut tidak menjadi

Baca Juga :

Apa Itu Galvanis? Cari Tahu Disini

Jenis-jenis Peredam Suara

Ada begitu banyak jenis produk peredam suara, umumnya jenisnya digolongkan pada bahan atau material utama penyusunnya. Berikut adalah jenis-jenisnya.

  • Peredam Polyethylene Terephthalate (PET)

Bahan Polietilena tereftalat merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk produk peredam sura ruangan sebab bahan ini mempunyai kemampuan maksimal dalam ketika menyerap dan mengendapkan suara.

  • Peredam Glasswool

Peredam yang juga cukup sering digunakan menggunakan fiberglass sebagai bahan utama pembuatannya. Secara fisik tekstur hampir sama dengan wool ataupun bulu domba, adapun untuk kemampuanya dalam mengendapkan suarapun cukup baik.

  • Peredam Rockwool

Sekilas bentuknya persis dengan glasswool, menggunakan serat mineral ringan sebagai bahan utama pembuatannya diaman selain mengedapkan suara, rockwool juga bisa sekaligus menjadia peredam panas pada ruangan.

  • Peredam greenwool atau healthywool

Didominasi dengan warna hijau produk peredam suara ini mengusung ramah terhadap lingkungan sehat dan ramah pemakaian terhadap pengguna. Peredam ini menggunakan material Polyester sebagai bahan utama penyusunnya, dimana kelebihan dari peredam jenis ini adalah lebih tahan terhadap kelembapan.

Baca Juga :

Bagaimana Proses Pembuatan Geomembrane?
  • Peredam Busa Telur

Sejatinya ada tiga jenis ataupun bentuk dari peredam busa yakni telur, segitiga dan piramida. Merupakan peredam suara paling populer dan paling banyak digunakan. Srudi membuktikan peredam ini kurang maksimla jika digunakan untuk meredam suara dengan frekuensi tinggi, dimana lebih cocok digunakan sebagai lapisan peredam tambahan.

Cara Peredam Suara Dalam Meredam Suara Ruangan

Produk peredam suara bekerja dengan mengedapkan dan menyerap suara pada sebuah ruangan tertutup sehingga kebisingan tersebut tidak akan bocor ke luar dari ruangan tersebut. Selain itu bunyi yang keluar pada sebuah ruangan yang telah dipasang peredam suara akan terdengar lebih jernih dan alami.

Kategori

Posts