Water Stop Spesifikasi Ukuran & Harga

Water Stop – Spesifikasi, Ukuran & Harga

Water Stop – Spesifikasi, Ukuran & Harga. Pada bangunan beton, waterstop merupakan salah satu bagian penting yang harus dipasang, dan merupakan rangkaian jenis waterproof yang banyak digunakan. Namun, pemasangan waterstop biasanya diabaikan karena ini adalah tugas yang tak begitu kelihatan dalam konstruksi. Padahal fungsi water stop di dalam gedung sangat penting.

Waterstop sangat penting untuk bangunan, terutama bila lantai basemen bangunan tersebut langsung terhubung dengan tanah dan air. Setiap sambungan beton berisiko tinggi mengalami masalah kebocoran. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak terduga kedepannya,maka tindakan water stop dapat Anda lakukan.

Water Stop Adalah

Pengertian waterstop yaitu penyumbat aliran air yang terdapat pada celah antara dinding beton dan lantai beton. Sistem waterstop ada 2 macam yang umum digunakan yaitu 1) menggunakan bahan PVC dan 2) swellable waterstop. 

  1.  PVC waterstop

Waterstop model ini memakai bahan dari PVC yang memiliki kelenturan cukup baik seperti karet. Proses pemasangan ini dikerjakan pada pertemuan lantai beton dan dinding. Untuk pemasangan PVC Waterstop ini adalah pada saat sebelum lantai beton dicor. 

  1.  Swellable Waterstop

Pengertian waterstop jenis ini yaitu waterstop yang memakai bahan khusus dari bahan komposisi bentonite dengan butyl rubber compound yang sifatnya akan mengembang beberapa hari setelah menyentuh air. Adapun penggunaan swellable ini dinilai lebih praktis daripada penggunaan PVC.

Untuk proses pemasangan jenis waterstop ini yaitu harus setelah dilaksanakan pengecoran lantai beton. Setelah beton tersebut mengeras, Anda bisa memasang swellable waterstop pada sambungan antara lantai dan dinding. Setelah pemasangannya selesai, baru kemudian pengecoran beton dinding bisa dilaksanakan. 

Kegunaan & Fungsi Water Stop

Dibawah ini adalah fungsi waterstop pada bangunan yang perlu Anda ketahui:

  1. Mencegah Terjadinya Rembesan Beton

Waterstop merupakan bahan khusus yang memiliki daya lentur tinggi dan fleksibel yang nantinya akan dipasang pada sambungan beton dan konstruksi. Kegunaan dan fungsi dari waterstop pada beton ini yaitu untuk mencegah terjadinya rembesan air. Meskipun fungsinya sangat penting, tetapi hendaknya pemasangan waterstop ini tidaklah berlebihan. Mengapa? Karena jika memasang waterstop terlalu banyak bisa saja dapat menyebabkan keretakan maupun patahan pada sambungan beton.

  1. Membuat Beton Menjadi Lebih Awet

Jika memasang waterstop dalam jumlah yang tepat, maka dapat membantu membuat beton menjadi lebih awet. Hal ini adalah karena tidak adanya air yang merembes dan juga merusak sambungan beton.

Tabel Ukuran, Spesifikasi, dan Harga

Berikut table ukuran dan spesifikasi waterstop:

spesifikasi water stop

Waterstop WSF yaitu andalan khusus dalam hal perekonstruksian beton bertulang, serta memiliki peranan penting dalam fungsinya sebagai pelindung terhadap kebocoran air. Jika rembesan air sampai masuk ke konstruksi beton, maka akan berdampak sangat besar. Dengan adanya Waterstop PVC ini, masalah yang sekiranya akan timbul akibat rembesan air terhadap konstruksi beton akan teratasi.

Berikut kisaran harga waterstop yang umum dijual:

harga water stop terbaru

Harga diatas merupakan kisaran saja dan bisa berubah tergantung ukuran, jenis dan penjualnya ya! Jika Anda ingin mendapatkan harga miring, Anda bisa melakukan survey dan melihat sendiri kualitas waterstop di toko material. Biasanya tiap toko material akan memberikan diskon tertentu jika Anda membeli dalam jumlah banyak.