Distributor Geotextile Vertical Garden
distributor geotextile, Geotextile vertical garden
Tutorial Pemasangan Paving Block / Conblock

Tutorial Pemasangan Paving Block / Conblock

Tutorial Pemasangan Paving Block / Conblock. Langkah pasang paving blok yang pas dan rapi membuat penampilan taman atau pelataran rumah jadi lebih estetik. Keelokan exterior semakin dengan kehadiran jalan setapak yang diatur sama sesuai alurnya. Pelataran rumah yang awalannya berbentuk aspal atau tanah menjadi lebih menarik dengan formasi paving blok yang sesuai keduanya. # Pemasangan Paving Block.

Paving blok ataupun lebih dikenali sebagai conblock sebenarnya sebagai material untuk bangunan seperti batu-bata, tetapi dibuat dengan bermacam wujud dan rupa dan mempunyai macam warna. Bahan penyusunnya masih sama, yaitu dibuat dari kombinasi semen, pasir, dan air.

Selainnya sebagai menambah seni, paving blok berperan sebagai alas halaman yang kuat dan tidak mudah rengat. Paving blok lebih tahan terhadap air dan tidak licin hingga nyaman saat dilangkahi. Perawatannya memang gampang, namun penempatan paving blok harus dilaksanakan dengan cermat supaya hasilkan design yang memikat dan estetik.

Langkah Pasang Paving Blok supaya Rapi

Konsep penempatan paving blok nyaris seperti memasangkan ubin atau keramik di lantai interior rumah. Bedanya berada pada bahan bangunan simpatisan dan perlengkapan yang dipakai. Wujud paving blok yang bervariatif membuat tugas ini kelihatan lebih sulit dibanding membuat ubin yang lebih simetris.

Berapakah ukuran paving blok yang pas untuk pelataran rumah saya? Anda harus memahami dahulu jika ukuran paving blok bergantung pada mode materialnya. Saat menyaksikan galeri paving blok di toko bangunan, tentukan saja dahulu mode yang dicintai. Anda akan ketahui ukuran, selanjutnya tentukan jumlah pembeliannya supaya bisa tutupi tempat pelataran rumah Anda.

Lalu, bagaimanakah cara memasangkan paving blok di jalanan supaya tidak amburadul? Turuti beberapa langkahnya berikut ini.

  1. Persiapkan Material dan Perlengkapan

Yakinkan Anda telah mempersiapkan material dan perlengkapan yang diperlukan untuk membuat jalanan paving blok. Tiap bahan bangunan dan perlengkapan pasti mempunyai perannya masing-masing, maka janganlah sampai mengabaikannya.

Baca Juga:

Jual Glasswool Peredam Suara Ruangan Studio

Pemasangan Paving Block dari Awal Sampai Akhir

Bila Anda tidak paham perlengkapan yang diperlukan untuk project ini, simak daftar berikut ini dan perannya. # Pemasangan Paving Block.

Perlengkapan Kerja:

  • ​Stamper kuda
    Cangkul atau sekop
    Benang pacak
    Palu karet
    Kayu kaso
    Stamper kodok
    Pemotong paving blok
  1. Atur Tempat Pembangunan

Anda harus membereskan tempat yang akan dibuat conblock dahulu supaya hasil penempatannya kelihatan rata. Membersihkan tempat pembangunan dari beberapa hal yang mengusik, seperti daun, rumput liar, batu-batuan, dan sebagainya. Pakai cangkul supaya Anda bisa bersihkan kotoran kecil yang bisa jadi tertimbun dalam tanah.

Simak juga: Langkah Hitung Luas Tanah Supaya Tidak Salah Kaprah

  1. Ratakan Tanah di Tempat Pembangunan

Proses ini harus dilaksanakan supaya conblock yang terpasang dapat tahan lama dan masih tetap melekat pada tempatnya. Ya, selainnya kualitas paving blok yang diputuskan, Anda harus memperhatikan kepadatan tanahnya. Tempat yang dilapis dengan paving blok ini pasti dilalui kendaraan seperti mobil, motor, atau cuma orang berjalan kaki di atasnya, jadi pikirkan beban tanahnya.

Bila tanah masih benyek, kerjakan pecanduan memakai stamper kuda atau mesin vibro roller. Untuk materialnya, Anda bisa manfaatkan batu kapur, sirtu, atau makadam. Yakinkan tanah cukup kuat untuk dipasang paving blok supaya tidak terjerumus ke dalam.

  1. Kerjakan Pengukur Tanah

Pengukur atau leveling tanah bermanfaat untuk pastikan ketinggian dan kemiringan paving blok yang hendak terpasang. Tahapan ini dilaksanakan supaya susunan paving blok masih tetap rata dan tidak bergelombang. Disamping itu, leveling bermanfaat untuk menghindar kekuatan timbulnya kubangan air saat hujan. Air hujan juga lebih gampang mempernyerap ke tanah jika proses leveling-nya dilaksanakan secara tepat.

Baca Juga :

Geotextile Woven Harga Jual Distributor Pabrik
  1. Pasang Kanstin Beton

Kanstin sebagai pemisah segi jalan yang memakai formasi paving blok. Penempatan kanstin beton ini mempunyai tujuan untuk jaga status paving blok supaya tidak gampang berubah saat terpasang. Tiap kepingan conblock yang diatur bisa sama-sama melekat jika dipasang kastin.

Memulai Pemasangan Beton

Material ini terpasang dengan tempatkan alasnya lebih dahulu supaya tanahnya masih tetap konstan dan kanstin tidak terbenam. Sesudah alasnya usai dibuat, kanstin beton selanjutnya terpasang di atasnya. Penempatan haunching dilaksanakan sesudahnya untuk mengamankan kanstin yang telah terpasang supaya masih tetap pada tempatnya. # Pemasangan Paving Block.

  1. Mulai Memasangkan Paving Blok

Saat sebelum memasangkan paving blok, Anda harus menyebarkan abu batu lebih dahulu di atas tempat pembangunannya. Sebagai info, skema paving blok seperti keramik di mana ada nat antara materialnya. Abu batu ini bermanfaat supaya nat paving blok sanggup menyerap air.

Sesudahnya, baru Anda memasangkan paving blok sama sesuai alurnya. Ini tehnik penempatannya:

Pasang paving blok satu demi satu sekalian ke arah maju di depan. Beri sela 1 cm supaya bisa diisikan oleh nat. Pakai palu karet supaya formasi paving blok masih tetap rapat.

Pada tempat tepi yang tidak dapat terpasang balok utuh, potong paving blok lebih dahulu sama sesuai alurnya. Samakan ukuran lebar celahnya supaya conblock tidak berubah dari kanstin yang telah terpasang.

  1. Kerjakan Finising

Finising ini dapat berbentuk pecanduan akhir memakai stamper kodok, isi sela paving blok dengan nat, dan mengecat conblock. Penempatan nat harus dibutuhkan supaya paving blok masih tetap konstan pada tempatnya. Pecanduan juga harus dilaksanakan supaya conblock tidak bergelombang dan masih tetap rata pada tempatnya.

Anda bisa mengecat conblock dengan cat batu alam propan untuk penampilan yang lebih menawan. Propan Stone Care/Cat Batu Candi ini mempunyai keunggulan, yakni warna yang lebih bertahan lama walau cuaca berbeda. Peroleh produk cat batu alam ini lewat cara online cuma di KlopMart dan rasakan kecepatan pengangkutannya sampai hingga ke rumah Anda.

Hubungi Kami Untuk Layanan Profesional

Pusat Jual Beli Material Konstruksi

Siap membantu Anda dalam mewujudkan kesuksesan proyek


# Pemasangan Paving Block.

Kategori

Posts