Jasa Konstruksi & Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menyewa

Jasa Konstruksi & Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menyewa

Jasa Konstruksi – Memiliki proyek konstruksi atau bangunan membutuhkan para tenaga ahli di bidangnya agar dapat berdiri kokoh. Jika Anda tak memiliki tenaga ahli, maka jasa ini adalah solusi paling tepat. 

Saat ini banyak perusahaan yang memiliki proyek, akan tetapi menggunakan jasa perusahaan lainnya.

Setelah pandemi melanda, banyak bidang ekonomi dan usaha yang kembali menggeliat termasuk konstruksi. Sebelumnya banyak proyek tertunda karena khawatir penularan Covid-19, kini kembali dilanjutkan. Terutama proyek konstruksi baik bangunan maupun jalan raya.

Namun tak semua perusahaan yang mendapat proyek tersebut memiliki tenaga serta peralatan lengkap. Sehingga pilihan yang paling cepat dan tepat adalah bekerja sama atau pun menggunakan sebuah jasa. Jasa yang memang khusus untuk konstruksi dengan rekam jejak yang dapat dipertanggungjawabkan.

Cara Memilih Jasa Terbaik untuk Proyek Anda

Saat Anda membutuhkan sebuah jasa di bidang konstruksi, maka perlu memperhatikan beberapa poin. Hal tersebut diperlukan agar tak salah memilih jasa dan hasilnya sesuai dengan rancangan yang telah ada. Apalagi jika konstruksi yang diinginkan adalah bangunan bertingkat dengan luasan yang cukup besar.

Jangan sampai Anda hanya melihat jasa berdasarkan tarif atau pun biaya penggunaannya saja. Anda perlu melihat bangunan atau konstruksi apa saja yang pernah dibuat oleh jasa tersebut. 

Lama berdiri serta jenis perusahaan penting juga untuk Anda perhatiakan, karena akan terlihat spesifikasi pekerjaan serta pengalaman.

Bukan itu saja, Anda pun harus mencari tahu tenaga ahli apa saja yang dimiliki oleh jasa tersebut. Apakah lengkap dan memiliki sertifikasi yang resmi dan sesuai, bukan hanya lama bekerjanya saja.

Tarif PPH Jasa Konstruksi

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah jasa pada bidang konstruksi, terdapat pajak atau pph yang akan dikenakan. Pph atau pajak penghasilan atas jasa dibidang konstruksi melingkupi perencanaan hingga pelaksanaan. Tarif yang dikenakan pun berbeda tergantung jenis pekerjaan, seperti :

  1. Untuk pelaksanaan konstruksi dengan kualifikasi usaha kecil, akan dikenakan 2%.
  2. Untuk pelaksanaan konstruksi tanpa ada kualifikasi usaha, maka akan dikenakan sebesar 4%.
  3. Sedangkan untuk pelaksanaan konstruksi yang dilakukan oleh selain jasa pada poin 1 dan 2, dikenakan 3%
  4. Untuk perencanaan atau pun pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh perusahaan jasa dengan kualifikasi usaha dikenakan 4%.
  5. Sedangkan untuk perencanaan atau pun pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh perusahaan jasa dengan tidak terdapat kualifikasi bahasa, dikenakan 6%.

Besarnya tarif dari pph tersebut dikenakan pada nilai kontak keseluruhan yang telah disepakati. Untuk itu Anda perlu mengetahui nilai kontrak dari jasa yang akan digunakan sebelum menghitung besar pph.

Apa Saja Lingkup Kerja Konstruksi?

Sebuah pekerjaan atau pun penyedia jasa pada bidang konstruksi memiliki beragam jenis. Kesemuanya saling berkaitan satu sama lain terutama jika proyek konstruksi yang dilakukan sangat besar. Baik dari segi ukuran maupun nilai kontrak dari proyek tersebut, baik itu swasta maupun pemerintahan.

Jasa ini bukan sekedar pada pelaksanaan pembangunan saja. Akan tetapi juga mencakup perencanaan serta pengawasan. Akibatnya, ruang lingkup kerja konstruksi cukup luas, mulai dari merencanakan, mengawasi pembangunan hingga konstruksi selesai. 

Dalam sebuah konstruksi pemilihan bahan pun sangat berpengaruh pada kekuatan serta keindahan dari hasilnya. Oleh sebab itu pada saat perencanaan, penyusunan RAB sangat penting untuk diperhatikan. Bukan sekedar menggunakan bahan baku atau material tapi yang berkualitas agar kekuatan bangunan dengan menggunakan jasa terjamin.