Geotextile Non Woven Adalah, Pejelasan lengkap dari ahlinya

Geotextile Non Woven Adalah, Pejelasan lengkap

Geotextile Non Woven Adalah – Penggunaan geotextile non woven sekarang ini sedang populer dan banyak digunakan oleh beberapa developer dunia untuk berbagai proyeknya. Tidak heran permintaan akan kebutuhannya semakin meningkat setiap tahunnya. Karena sudah teruji dan memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi untuk kebutuhan berbagai industri. Di Indonesia sendiri penggunaan ini masih beberapa yang belum mengetahui dan familiar mengenai geotextile non woven. Padahal produk ini memberikan banyak keuntungan, karena kemudahan dan hasil yang didapatkan. Untuk Anda yang ingin mencoba dan menggunakannya, dapat langsung untuk memahami artikel dibawah ini terlebih dahulu.

Pengertian Geotextile Non Woven

Mungkin masih banyak yang bingung dan memahami mengenai geotextile, karena kebutuhan dan fungsinya belum terlalu mengenalnya. Geotextile non woven adalah produk yang berupa karpet kain untuk berbagai kebutuhan industri, biasanya produk ini dibuat dari bahan polypropylene atau polyester. Proses pembuatannya pun menggunakan serat-serat dari bahan tersebut menggunakan mesin yang berteknologi modern. Tentunya harus melalui uji kualitas standar yang ditentukan dan nantinya akan menghasilkan lembaran-lembaran yang dibutuhkan untuk beberapa proyek yang ada, biasanya untuk kebutuhan pemisah, pelindung, dan filter.

Perbedaan Dengan Geotextile Woven

Geotextile Non Woven Adalah, Pejelasan dari ahlinya

Pada perkembangannya ada dua jenis geotextile yang banyak dipilih dan digunakan untuk beberapa industri dan proyek di Indonesia. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya. Berikut ini beberapa perbedaan antara non woven dan woven, diantaranya yaitu :

  • Geotextile Non Woven

Bentuknya layaknya karpet kain dan tidak melalui proses anyaman, pembuatannya pun sudah banyak dilakukan dengan menggunakan mesin teknologi tinggi. Untuk bahan yang digunakan rata-rata menggunakan polyester dan polypropylene. Prosesnya menggunakan teknik penjaruman dan perekatan serat-serat dari bahan yang ditentukan tersebut. Pada tahap ini semuanya diberlakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, tentunya harus melalui berbagai pengecekan dan kontrol yang tinggi. Untuk pengaplikasiannya, produk ini umumnya digunakan pada rekayasa geoteknik. Biasanya digunakan pada pengontrol erosi, subdrain, dan sebagainya.

  • Geotextile Woven

Pembuatan yang hampir sama pada pembuatan baju atau pakaian, prosesnya menggunakan teknik anyaman yang dilakukan pada sistem dua arah, baik atas atau bawah. Untuk bahannya sendiri berasal dari polypropylene yang sekarang ini sedang banyak digunakan oleh beberapa industri di Indonesia, karena kualitas dan hasilnya. Memilih geotextile woven karena memiliki sifat kuat tarik yang tinggi, sehingga dapat memberikan hasil maksimal terutama dapat penguatan struktur bangunan. Hal ini tentunya memberikan keamanan dan hasil yang memuaskan, apalagi dari hitung-hitungan ekonomis yang dapat banyak memotong biaya dibandingkan menggunakan metode manual.

Fungsi

Untuk lebih mudah memahaminya, kami akan menjelaskan mengenai beberapa fungsi dari non woven. Berikut ini beberapa penjelasan secara lengkapnya, yaitu :

  • Filter

Banyak yang menggunakan non woven dibutuhkan untuk penggunaan pada penyaringan berbagai proyek. Biasanya digunakan pada proyek drainase bawah tanah yang paling diaplikasikan. Hal ini diperuntukkan, karena memiliki hasil yang optimal dan mempunyai banyak keuntungan yang berlimpah. Memilih non woven bukan tanpa alasan, karena produk ini mempunyai sifat yang tembus air. Sehingga memberikan dampak yang baik dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sebagai saringan atau filter dalam proyek tersebut. Sebab mampu dalam memisahkan antara air dan partikel tanah yang membuat bangunan tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

  • Pemisah

Untuk beberapa proyek yang ingin melakukan pembangunan, terutama pada jalan. Non woven memberikan kontribusi yang besar, karena mampu dalam memberikan pemisah antara lapisan dasar yang lunak dan lapisan atas yang sudah ditimbun. Hal ini tentunya memberikan dampak yang besar dan membuat tidak akan tercampurnya tanah yang ada. Tidak heran banyak yang memilih dan mengaplikasikan geotextile non woven untuk berbagai kebutuhan yang ada. Dalam tahap ini, ada banyak orang yang memilihnya untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Sehingga tidak heran produk ini banyak digunakan di Indonesia, karena sesuai dengan medan kerjanya. Selain itu, produk ini memberikan hasil dan kualitas maksimal yang membuat bangunan tetap awet dan berkualitas.

  • Pelindung

Hal berikutnya fungsi dari geotextile non woven adalah sebagai pelindung untuk beberapa proyek yang ada. Biasanya diperuntukkan untuk kebutuhan perlindungan pada beberapa material, terutama penggunaan pada lapisan basah beton. Karena jika dibiarkan terbuka akan membuat lapisan airnya cepat retak dan mudah rusak. Sebagai alternatif perlindungannya dan membuat proses oksidasi menjadi lebih sempurna banyak pengembang menggunakan non woven sebagai pilihannya. Tidak heran produk ini banyak dipilih dan digunakan, karena memberikan banyak manfaat dan sudah teruji kualitas produknya.

Penggunaan

Geotextile Non Woven Adalah, Pejelasan lengkap

Berbagai fungsi tadi sudah menjelaskan mengenai penggunaan geotextile non woven, sehingga dalam tahap ini akan dijelaskan kembali. Sebenarnya untuk beberapa proyek di Indonesia sendiri sudah mulai menggunakannya dan mungkin Anda sering melihatnya secara langsung. Biasanya produk ini digunakan untuk kebutuhan konstruksi jalan, rel kereta api, pantai, lahan, dan sebagainya. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari pengembang mengenai penggunaan produknya.

Apakah tertarik untuk mencoba geotextile non woven? Apabila ingin mencobanya, langsung saja menghubungi kontak yang ada dan dapatkan penawaran menariknya.