Geogrid Spesifikasi Ukuran & Harga

Geogrid – Spesifikasi, Ukuran dan Harga

Geogrid – Spesifikasi, Ukuran dan Harga – Kebutuhan geogrid sangat penting untuk pembangunan struktur di medan miring seperti lereng agar tidak mudah mengalami longsor. Harga produk ini cukup bervariasi di pasaran bergantung kepada jenis dan ukuran yang dibutuhkan. Sebelum Anda membeli bahan material ini berikut beberapa ulasan mengenai produk ini.

Definisi Geogrid sebagai Salah Satu Struktur Bangunan

Geogrid merupakan salah satu jenis bahan material geosintetik yang dimanfaatkan untuk penguatan tanah. Umumnya, lapisan ini dimanfaatkan untuk dinding penahan maupun subsoil pada bawah jalan, lereng maupun bangunan.

Salah satu inovasi dalam teknologi geosintetik yang dapat dipakai untuk membantu pekerjaan pada konstruksi tanah menjadi makin mudah. Geogrid adalah salah satu jenis material penting sebagai penahan tanah maupun struktur. 

Kegunaan dan Fungsi Geogrid

Bahan material ini terbuat dari penggunaan bahan dasar berupa Polyphropylene, polyesther, dan Polyethilene. Bahan produk ini mempunyai sifat kaku sebagai salah satu faktor utama dalam sebuah struktur perkerasan.

Hal tersebut lantaran tanah lunak dapat menerima tekanan maupun gaya tekan dari beban yang terletak di atasnya. Mekanisme pekerjaan produk ini dapat ditinjau dari kejadian saling mengunci antara timbunan berbutir dengan material ini. Berikut penjelasan kegunaan dan fungsi geogrid.

Fungsi Geogrid

Apa sebenarnya deskripsi fungi material ini? Mengapa harus menggunakannya. Di bawah ini sedikit uraian tentang hal tersebut.

  1. Perkuatan atau Reinforcement

Gepgrod merupakan salah satu lapisan perkuatan yang dianggap sesuai untuk melakukan peenahanana stabilitas pada struktur tanah maupun agregat, sehingga pemakaiannya banyak dipakai pada bangunan lereng maupun tebing yang mempunyai tingkat lereng yang tajam. Pemakaian material ini dapat menahan lateral akan dinaikkan sehingga kemungkinan tanah menimbun dapat dipadatkan dengan tingkatan kepadatan lebih tinggi.

  1. Stabilisasi atau Load Support

Fungsi stabilisasi maupun load support, produk ini dapat dipakai untuk mengandalkan interlocking atau sistem saling mengunci antara produk ini sebagai bahan material timbunan. Dengan adanya interlocking demikian, tahanan lateral pada tanah dasar mampu ditingkatkan.

  1. Pengontrolan Erosi atau Pengikisan

Maksud dari fungsi ini ialah memberikan perlindungan muka tanah dan mencegah partikel tanah mudah lepas akibat hujan, aliran air maupun angin, sehingga bagian tebing maupun lereng menjadi lebih aman dari pengaruh longsor.

Penggunaan Geogrid untuk Konstruksi Bangunan

Anda berminat menggungakannya untuk kontruksi bangunan tertentu? Kenali aplikasinya di bawah ini.

  1. Memperkuat struktur dinding penahan dan lereng
  2. Pemakaian untuk konstruksi jalan
  3. Penimbunan jalan dan bangunan jalan rel
  4. Struktur Abutment pada Jembatan
  5. Bangunan Landfill
  6. Bangunan pada landasan bandara udara

Keunggulan Pemakaian

Di zaman modern ini, sudah banyak ditemukan berbagai bahan konstruksi dengan berbagai kegunaan mirip satu sama lain. Jika Anda ingin menggunakan geogrid, ini keunggulan yang dimiliki.

  1. Pemberian beban jangka panjang dan cukup kuat
  2. Interlocking sangat baik
  3. Anti mikroorganisme
  4. Kemampuan menahan baik terhadap sinar uv
  5. Perakitan dan Penanganan terbilang mudah
  6. Kemampuan tahan terhadap bahan kimia

Tabel Ukuran, Spesifikasi dan Harga

Pemakaian geofrid sangat beragam bergantung pada jenis dan kebutuhan di lapangan. Hal tersebut dapat mempengaruhi harganya di pasaran. Berikut beberapa jenis geogrid untuk struktur bangunan meliputi.

  1. Geogrid Biaxial

Pemakaian produk ini dimanfaatkan sebagai perkuatan jenis tanah yang dianggap lunak seperti, rawa, daerah berlumpur dan gambut. Geogrid biaxial ini dapat difungsikan untuk penguncian agregat, sehingga timbunan tanah yang ada di atasnya menjadi lebih kaku dan penyebarannya menjadi lebih rata.  Dengan begitu, differential settlement atau penurunan setempat mampu dicegah dan mampu mereduksi ketebalan base maupun sub base sampai 60%, sehingga hemat biaya pelaksanaan proyek.

  1. Geogrid Uniaxial

Geogrid ini dapat dipakai untuk memperkuat tanah tapi dikhususkan pada dinding penahan tanah maupun stabilitas lereng. Jenis produk ini dapat memberikan perkuatan pada sistem slope reinforcement, sehingga mampu membangun lebih tegak dan tinggi pada area terbatas.

  1. Geogrid Polyester

Bahan material ini dapat dibuat dari bahan baku polyester dicoating dengan memakai Polymer balck PVC yang dipakai pada aplikasi untuk memperkuat tanah dinding penahan tanah, kelerengan curam dan perbaikan lereng. 

Geogrid jenis ini berbentuk serupa dengan jaring dimana mampu memberikan perkuatan pada bagian sistem sloe reinforcement, sehingga mampu membangun lebih tinggi dan tegak.

Harga Geogrid untuk Konstruksi Bangunan

Sebelum membangun Anda perlu mengetahui jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena harga geogrid di pasaran relatif bervariasi dan harganya bergantung pada dimensi. 

dimensi tipe geogrid biaxial
data sepsifikasi tekhnis geogrid biaxial