Distributor Geotextile Vertical Garden
distributor geotextile, Geotextile vertical garden
bahan bangunan

5 Bahan Bangunan Unik di Dunia. Ada yang Memakai Ganja, Legal Kah?

5 Bahan Bangunan Unik di Dunia. Ada yang Memakai Ganja, Legal Kah? – Kayu, semen, bata, sampai batako adalah material dasar yang wajar dipakai dalam pendirian sebuah bangunan. Tidak hanya kuat, bahan bangunan itu juga gampang didapat. Di lain sisi, rupanya banyak pula orang yang memakai material ‘aneh’ untuk membikin bangunan, lho!

Material bangunan ini sebetulnya datang dari beberapa benda yang berada di sekitar kita juga. Namun, jika beberapa benda yang akan kita bahas ini jadi bahan untuk membikin rumah atau gedung akan terdengar ganjil rasanya.

Baca Juga :

Jual Peredam Suara Busa Piramid Disini!

Apa saja ya bahan – bahan bangunan unik itu? Yuk baca pembahasan selengkapnya seperti berikut..

1. Botol Bir

bahan bangunan, Wat Pa Maha Chedi Kaew

Thailand bisa disebutkan sebagai negara dengan seribu kuil. Banyak antara kuil itu yang mempunyai design eksotis dan menarik hingga sering didatangi wisatawan.

Sebutlah saja Wat Pho dan Wat Arun. Ada pula Wat Pa Maha Chedi Kaew yang rupanya punyai segi unik. Tidak seperti kuil-kuil yang lain, Wat Pa memakai botol bir sisa sebagai bahan bangunan. Minimal diperlukan satu juta botol sisa warna coklat dan hijau untuk membikin kuil ini. Dinding kuil bahkan juga patung Budha yang berada di dalamnya terlihat elok dengan mozaik botol-botol itu.

2. Koran Bekas

bahan bangunan, paper house,  Elis Stenman

Dikutip 99.co dari listverse.com, di tahun 1922 seorang namanya Elis Stenman membuat rumah dari koran sisa yang berada di Massachusetts, Amerika Serikat.

Semua rumah, tidak terhitung kerangka dari kayu, dibuat dari koran sisa yang digulung sebegitu rupa lalu diberi pernised. Disebut, bahan bangunan dari kertas mempunyai insulasi yang bagus. Dalam pada itu pernised yang sudah dilakukan membuat kertas jadi dapat berdiri tegak dan menahan rumah remuk dan rata dengan tanah.

3. Hotel Terbuat dari Garam

bahan bangunan, De Sal Luna Salada Hotel

Bolivia mempunyai salah satunya hotel unik yakni De Sal Luna Salada Hotel. Bagaimana tidak, semua bangunan hotel ini dibikin dari garam yang dibuat jadi bata.

Karena memakai garam sebagai material bangunannya, hotel ini juga mempunyai warna putih yang elok. Tidak cuma jadi bahan bangunan, garam juga dipakai untuk membikin perlengkapan dalam hotel. Hotel ini berada di tengah padang garam dan tawarkan panorama Gunung Andes yang menarik.

4. Es Balok

bahan bangunan, hotel es

Di Jukkasjärvi, sebuah dusun di Swedia, tiap tahunnya dibuat sebuah hotel dari balok es.

Setiap ruang di hotel seasonal ini juga dibikin dari es yang dibuat sebegitu rupa. Tentu saja setiap perlengkapan yang dibuat dari es dilapis oleh susunan kulit dan bulu-bulu yang menghangatkan. Saat musim panas datang dan hotel mencair, pengunjung masih bisa tinggal dalam ruangan es yang berada di freezer khusus.

5. Serat Ganja

bahan bangunan

Ganja sebagai tanaman yang pemakaiannya benar-benar terbatasi di sejumlah negara dunia, terhitung Indonesia.

Tanaman ganja yang dikeringkan sering jadi rokok tetapi bisa memberi dampak fantasi. Kenyataannya di Belanda, ganja justru jadi salah satunya material untuk diganti jadi bahan bangunan rumah.

Dikutip 99.co dari property.kompas.com, ganja yang dipakai menjadi material bangunan rumah ini tidak memberi dampak memabukkan. Sebuah perusahaan namanya Dun Argo juga sudah membuat rumah pabrikan dari serat ganja.

Ganja-ganja yang sudah dipanen dikeringkan lebih dahulu lalu digabung memakai air dan lem. Kemudian, proses setelah itu cetak adonan ganja, air, dan lem jadi blok-blok hingga bisa diatur sebagai bahan bangunan. Dun Argo mengkalim, yang akan datang mereka bisa membuat 500 rumah kembali memakai bahan ini.

Wah ini inovasi yang sungguh menarik ya, kira – kira kalo di Indonesia boleh tidak ya membuat rumah dari serat ganja? 

Semoga artikel yang kami tulis bermanfaat dan menambah pengetahuan baru untuk anda, sekian terimakasih!

Hubungi Kami Untuk Layanan Profesional

Pusat Jual Beli Material Konstruksi

Siap membantu Anda dalam mewujudkan kesuksesan proyek


Kategori

Posts