Wiremesh Adalah … Fungsi, Spesifikasi & Kelebihannya

Wiremesh Adalah … Fungsi, Spesifikasi & Kelebihan

Wiremesh Adalah – Anda sedang membutuhkan material untuk membantu pembangunan gedung yang berbeda? Wiremesh bisa menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan. Wiremesh adalah sebuah besi berbentuk kawat yang dianyam kotak-kotak yang bisa digunakan sebagai penyangga atau penguat beton bangunan. 

Tak hanya bisa menjadi penyangga saja, wiremesh juga bisa difungsikan sebagai kawat bronjong, penguat untuk talud hingga anak tangga.

Adapun fungsi, spesifikasi, jenis dan kelebihan dari produk ini sendiri sebenarnya ada banyak sekali yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Nah, detail informasi mengenai informasi, spesifikasi, kelebihan, proses pembuatan, dan pemasangan material wiremesh akan diulas di sini. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak uraian berikut mengenai wiremesh dengan segala kelebihannya!

Fungsi Wiremesh

Telah disinggung secara ringkas di atas mengenai pengertian dari material wiremesh yang ternyata adalah besi untuk membantu proses pembangunan. Material wiremesh ini juga dikenal sebagai rangkaian besi yang terdiri dari baris paralel juga kawat berkolom yang saling berpotongan. Untuk bisa menyambungkan besi pada material satu ini maka biasanya digunakan teknik pengelasan agar bisa terikat dengan baik satu sama lain.

Adapun fungsi dari material satu ini ada banyak sekali, mulai dari sebagai besi tulangan saluran drainase beton, kemudian bisa menjadi penguat dari dak beton bangunan. Fungsi lain dari wiremesh juga bisa dijadikan komponen pendukung pembuatan jalan raya atau tol karena mampu menahan beban kuat di atas tanah, hingga bisa menjadi tulangan pada media pengecoran lantai bangunan.

Spesifikasi

Spesifikasi dari produk ini sendiri sebenarnya merupakan rangkaian kawat yang memiliki bentuk seperti anyaman maupun tenunan. Spesifikasi dari wiremesh yang utama adalah berperan aktif untuk membantu konstruksi bangunan yang membutuhkan lembaran fleksibel dari materialnya. Material ini juga memiliki cukup banyak ukuran, diameter, karakteristik tegangan, spasi khusus, ukuran roll, dan banyak lainnya.

Namun umumnya spesifikasi ukuran dan diameternya ada pada angka 5 mm sampai dengan 10 mm. Kemudian spesifikasi tipe permukaannya adalah polos serta ulir, memiliki karakteristik tegangan leleh yaitu 5000kg/cm2 dan karakteristik tegangan geser kampus las mencapai 2500 kg/cm2. Ukuran lembar dan roll dari material roll paling umum adalah 5,4 m x 2,1 m.

Proses Pembuatan & Pemasangan

Setelah mengetahui fungsi serta spesifikasi dari material besi satu ini, maka mari kini beralih ke informasi mengenai proses pembuatannya. Untuk proses pembuatan material satu ini sebenarnya bisa menggunakan 2 metode yaitu woven wiremesh serta welded wiremesh. Kedua metode ini akan menghasilkan jenis atau spesifikasi yang berbeda. Langkah awal pembuatannya adalah dengan melelehkan logam batangan hingga titik lelehnya. 

Jika sudah leleh, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencetaknya menjadi berbentuk kawat atau batang dengan diameter yang jauh lebih kecil. Untuk ukuran dan besarannya, nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kegunaannya. Jika sudah, maka proses selanjutnya adalah menggulung logam batangan atau kaat tersebut sebelum dijalankan ke mesin pelurus dan dipotong.

Untuk pemasangan dari produk ini sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Hanya perlu ukur wiremesh sesuai luas bidang yang dibutuhkan, potong kawat yang ada. Kemudian rekatkan pada area yang diinginkan.

Itulah informasi singkat mengenai material bernama wiremesh yang mana ternyata memiliki banyak spesifikasi dengan cara pembuatan serta pemasangan begitu kompleks. 

Adapun bagi Anda yang berencana untuk mendapatkan material bangunan satu ini, maka diharapkan untuk bisa membelinya di Pusat Material terbaik. Jangan sampai salah pilih distributor material satu ini, mengingat keguaannya pada bangunan begitu penting, hanya belanja di layanan terbaiknya!