Rockwool Tanaman, Media Tanam Hidroponik

Rockwool Tanaman | Media Tanam Hidroponik

Rockwool Tanaman – Media Tanam Hidroponik. Seperti kita ketahui, rockwool biasa digunakan sebagai peredam suara suatu ruangan maupun gedung. 

Namun, ternyata rockwool juga bisa digunakan sebagai media semai maupun media tanam tanaman lho! Rockwool biasa digunakan sebagai media tanam hidroponik, asalkan tanaman tersebut berusia pendek, seperti misalnya cabe, tomat, dan sawi.

Rockwool merupakan media tanam yang menggunakan bahan yang terbuat dari batu dan tidak menggunakan tanah. Rockwool sendiri digunakan sebagai media tanam dan banyak digunakan oleh petani hidroponik.

Substrat budidaya rockwool sering digunakan untuk budidaya sayuran dan tanaman hias. Rockwool sendiri banyak dijual di pasaran, dan istilah ini sangat populer sekarang. Dengan rockwool, Anda tidak lagi membutuhkan tanah untuk menanam apa pun.

Peran Rockwool dalam Perkebunan

Sebagai media tanam hidroponik, rockwool memiliki kemampuan menahan air dan udara (oksigen untuk aerasi) dalam jumlah besar. Hal yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan akar dan penyerapan nutrisi pada metode hidroponik.

Struktur serat alami rockwool juga sangat baik untuk mendukung batang dan akar tanaman sehingga dapat ereksi dengan stabil. Kemampuan rockwool untuk membuat bahan ini cocok untuk digunakan sebagai media tanaman mulai dari pembibitan hingga proses produksi / panen.

Namun perlu diperhatikan dengan hati-hati bahwa kadar asam (PH) alami rockwool sangat tinggi (basa) karena kandungan alkali dalam seratnya (pada kisaran pH 8). Hal ini tidak memenuhi persyaratan kisaran PH tanaman normal yaitu 5.5 – 6.5.

Oleh sebab itu, diperlukan penyesuaian sebelum digunakan sebagai media tanam. Pemberian pupuk asam seperti pupuk urea, pupuk ammonium sulfate, pupuk KCl atau pupuk campuran AB dapat membantu mengatasi masalah ini.

Terbuat dari Apa Rockwool Tanaman?

Rockwool tanaman adalah salah satu jenis media tanam yang populer bagi mereka penggemar hidroponik, tak lepas karena kelebihan rockwool itu sendiri. Media tanam ini dinilai memiliki berbagai keuntungan lebih dibandingkan dentanah menggsuna

Sesuai namanya, rockwool memang terbuat dari serat yang terbuat dari batu. Rockwool ini terbuat dari lelehan batu gunung berapi seperti batu basalt dan merupakan salah satu media tanam yang ramah lingkungan.

Keuntungan dari rockwool tanaman antara lain sebagai berikut:

  • Perlindungan lingkungan.
  • Bebas dari pathogen.
  • Dapat menahan air hingga 14 x kapasitas tanah.
  • Dapat meminimalkan penggunaan disinfektan.
  • Efek pemupukan dapat dioptimalkan.

Berapa Harga Rockwool

Anda dapat membeli wol batu di toko pertanian atau online. Papan rock wool (ukuran 100 cm x 15 cm x 7,5 cm) biasanya dijual dengan harga Rp55.000,00 hingga Rp70.000,00. Lebih murah untuk membeli 1 bungkus rockwool (1 bungkus biasanya berisi 16 papan rock wool).

Selain ukuran rockwool, harga juga bervariasi sesuai dengan densitas (kerapatan) bahannya. Kepadatan 60 kg/m3 (masing-masing papan berukuran 120 cm x 60 cm x 5 cm) biasanya dijual pada kisaran harga Rp 35.000,00 -Rp45.000,00, dan kerapatan Rp m3 adalah 80 kg/m3 di kisaran harga Rp55.000,00 Rp65.000,00. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan harga pasar dan daerah masing-masing ya.

Demikian informasi yang bisa kami share untuk Anda mengenai rockwool tanaman, media tanam hidroponik. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang hendak menggunakan rockwool sebagai media tanam hidroponik. Sebelum membeli rockwool, pastikan Anda mengetahui harganya terlebih dahulu ya!