Pekerjaan Konstruksi Pengertian, Lingkup Usaha, Dan Legalitas

Pekerjaan Konstruksi | Pengertian, Lingkup Usaha & Legalitas

Pekerjaan Konstruksi – Adakah yang sedang berencana mengembangkan bangunan seperti perkantoran, perumahan, apartemen, gedung resmi pemerintahan hingga sekolah? Jika iya, Anda wajib membaca ulasan ini. 

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu jenis kerja yang ada di Indonesia di mana di dalamnya terdiri dari sekumpulan ahli pembuat bangunan. 

Dalam membangun sebuah gedung yang diinginkan tentu saja anda tidak bisa mengerjakannya sendiri karena itu adalah pekerjaan yang tidak memungkinkan.

Ada banyak orang yang kemudian memutuskan untuk memanfaatkan pekerja konstruksi untuk membantu mendirikan kebutuhan bangunan mereka. Namun bagaimana sebenarnya lingkup usaha dari jasa konstruksi ini? Apakah jasanya sudah legal alias sah di mata hukum? Yuk simak penjelasannya berikut ini. Uraian berikut akan menjabarkan mengenai apa itu pekerjaan konstruksi, lingkup usaha serta legalitasnya di mata hukum agar bisa semakin meyakinkan anda jika ingin menggunakan jasanya!

Apa Itu Pekerjaan Konstruksi?

Nah sebelum membahas jauh mengenai perbedaan pekerjaan konstruksi dengan jasa usaha pengadaannya hinga legalitas hukum yang ada, maka mari simak pengertiannya terlebih dahulu. 

Pekerjaan konstruksi memiliki pengertian sebagai rangkaian kegiatan atau kerja yang mana berhubungan dengan penciptaan suatu bangunan. Pekerjaan konstruksi dapat di mulai dari melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan yang di dalamnya memiliki unsur arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal ,hingga tata lingkungan.

Menilik pada ruang lingkup kerjanya yang begitu luas maka cakupan dari lini proyek ini juga sangat besar di berbagai sektor. 

Contoh kongkritnya mulai dari konstruksi rumah, gedung-gedung besar, bandara, bendungan, jalan hingga landasan udara pesawat terbang. Dalam ruang lingkup kerja konstruksi tidak hanya soal eksekusi saja yang menjadi hal pentingnya, tetapi manajemen serta pembagian konsep harus dipersiapkan matang-matang.

Apa Bedanya dengan Usaha Jasa Konstruksi?

Lantas apa perbedaan dari pekerjaan konstruksi dengan jasa usahanya? Tentu saja menilik dari namanya saja sudah memiliki makna serta arti yang berbeda. 

Pekerjaan konstruksi merupakan sebuah kegiatan membangun suatu bangunan, Gedung, atau insfratruktur. Sedangkan usaha jasa konstruksi merupakan sebuah layanan pengembang atau penyedia pekerja atau manajemen proyek pembangunan tersebut.

Adapun tugas dari penyedia usaha jasa konstruksi cukuplah banyak dan sangat penting, yang pertama adalah sebagai perencana pembangunan. Kedua, tugas dari usaha jasa konstruksi adalah sebagai pelaksana pengerjaan suatu proyek dari awal hingga akhir. Ketiga, pengawasan juga menjadi salah satu tugas penting dari jasa konstruksi agar jalannya pembangunan bisa aman dan sesuai dengan kontrak kerja.

Legalitas Usaha Jasa Konstruksi 

Merujuk pada penting dan banyaknya tugas dari sebuah layanan jasa usaha konstruksi, maka menjadi penting juga untuk mengetahui apakah penyedia ini memiliki legalitas yang jelas. 

Tentu saja jawabannya adalah iya, setiap penyedia layanan jasa usaha konstruksi haruslah memiliki legalitas izin pembangunan dari pemerintah resmi. hal ini dapat dibuktikan dengan memiliki surat keterangan daftar usaha serta sertifikat badan usaha yang bisa di dapatkan melalui pemerintah.

Bagi yang ingin menggunakan jasa konstruksi maka usahakan hanya yang sudah terdaftar dan jelas berpengalaman. Jangan sampai proyek pembangunan yang seharusnya berjalan efisien akan terkendala. Menggunakan jasa konstruksi yang kredibel, akan menghemat waktu pengerjaan proyek, menghasilkan bangunan yang aman sekaligus menekan pembengkakan biaya.

Itulah uraian singkat mengenai pekerjaan konstruksi mulai dari pengertian, ruang lingkup usaha, hingga legalitas jasanya yang banyak beredar di masyarakat. Pekerja konstruksi sangatlah membantu berbagai kebutuhan pengerjaan bangunan baik perkantoran, sekolah, bangunan resmi hingga kebutuhan rumahan. Adapun memanfaatkan usaha jasa konstruksi sebagai salah satu mode usaha mendirikan bangunan merupakan ide terbaik untuk mendapatkan bangunan yang aman serta berkualitas.