Konstruksi Gedung Pengertian & Jenis Di Industri Infrastruktur Indonesia

Konstruksi Gedung, Pengertian, Jenis Pada Industri Infrastruktur

Konstruksi Gedung, Pengertian, Jenis Pada Industri Infrastruktur Indonesia. Pembangunan gedung adalah kegiatan membangun sarana dan prasarana dalam sebuah gedung. Struktur arsitektural terdiri dari dua suku kata, yaitu konstruksi adalah bangunan. 

Bangunan mengacu pada objek yang dibangun untuk kepentingan manusia dengan tujuan, biaya, dan waktu tertentu. 

Konstruksi bangunan adalah cara atau teknik untuk membangun gedung yang memenuhi syarat kuat, tahan lama, indah, berfungsi penuh, dan ekonomis.

Pengertian Konstruksi

Konstruksi adalah kegiatan mendirikan sarana dan prasarana. Dalam bidang konstruksi atau teknik sipil, bangunan disebut juga dengan gedung atau unit prasarana dalam satu area atau beberapa area. 

Secara keseluruhan, sebuah gedung mempunyai definisi sebagai objek keseluruhan dari sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa bagian struktural. Misalnya, konstruksi suatu struktur bangunan adalah bentuk / konfigurasi dari seluruh struktur bangunan tersebut. Contoh lain: pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan kapal, dan lain-lain.

Konstruksi gedung kini sudah merata hampir di semua kota, baik kota besar maupun kota kecil. Beberapa di antaranya yaitu bangunan yang diperuntukkan bagi fasilitas umum seperti bangunan institusional, tempat rekreasi, maupun lembaga pendidikan. 

Biasanya yang merencanakan konstruksi gedung ini adalah arsitek dan insinyur sipil, sementara bahan-bahan yang diperlukan lebih ditekankan pada aspek-aspek arsitektural.

Jenis-jenis Konstruksi, Gedung Salah Satunya

Konstruksi atau bangunan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Konstruksi gedung, yaitu perkantoran, rumah sakit, hotel, rumah, dan lain- lain.
  • Konstruksi teknik atau jalan, yaitu jalan raya, jembatan, rel kereta api, dermaga, pelabuhan, bandara, pemasangan pipa besar, bendungan, jalur transpoortasi udara, air, dan darat.
  • Konstruksi industri, yaitu pada proyek industri kilang minyak, industri berat dan juga industri dasar

Secara umum pembangunan gedung harus memenuhi 5 syarat, yaitu:

  • Tidak mudah rusak dan tahan lama sehingga biaya perawatannya relatif murah.
  • Fungsionalitas yaitu bentuk, ukuran, dan penataan ruangan dapat memenuhi kebutuhan sesuai fungsinya.
  • Cantik, dalam arti tertentu, bentuknya enak dipandang.
  • Sirkulasi udara dan cahaya cukup membuat penghuninya merasa nyaman dan sehat serta higienis.
  • Ekonomis maksudnya disini yaitu tidak ada pemborosan, sehingga pembiayaannya menjadi relatif efektif.

Apa Itu Instalasi Mekanikal & lektrikal

Mekanikal dan elektrikal merupakan suatu sistem di dalam gedung dan tidak lepas dari penggunaan gedung. E

lektromekanis meliputi teknik elektromekanis, seperti instalasi listrik, perangkat alarm atau pemadam kebakaran, sound system, AC, elevator, generator, eskalator, pompa, perpipaan, dan desain.

Perlu diketahui bahwa bangunan sebuah gedung terdiri dari tiga komponen penting yaitu Struktur, Arsitektur dan ME (Mekanikal dan Elektrikal). Ketiganya saling terkait. Jika struktur lebih pada kekuatan, dan arsitek lebih memperhatikan estetika, maka ME (mekanikal dan elektrikal) akan mengutamakan fungsi. 

Betapapun kuatnya bangunan tersebut, betapa indahnya bangunan tersebut, jika sistem ME (mekanik dan elektrikal) tidak mendukungnya maka bangunan tersebut tidak akan berfungsi.

Jadi disini, terlihat jelas bahwa di antara ketiga bagian bangunan tersebut saling berhubungan. Oleh karena itu, sistem mekanik dan kelistrikan merupakan salah satu komponen terpenting. Intinya, bangunan yang dirancang oleh kontraktor konstruksi harus digunakan, ditempati, dan pada akhirnya dihargai. 

Gedung harus dilengkapi dengan infrastruktur sesuai dengan kebutuhan gedung itu sendiri, yang menjadi tugas kontraktor ME (seperti perkantoran, rumah sakit, bank, bandara, dll.).

Demikian informasi mengenai konstruksi gedung beserta jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru yang mungkin saja belum Anda ketahui.