Konstruksi Bangunan Tips & Istilah Dalam Konstruksi Bangunan

Konstruksi Bangunan I Tips & Istilah Terkini

Konstruksi Bangunan – Pembagunan infrastruktur semakin pesat untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan penduduk baik hunian maupun perekonomian. Pembangunan tersebut berhubungan erat dengan konstruksi bangunan. Namun, istilah konstruksi bangunan memiliki sebuah arti sekaligus berbagai jenis istilah yang sering dipakai. Berikut beberapa ulasannya.

Pengertian Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan terdiri dari dua kata yakni, konstruksi dan bangunan. Arti kata kostruksi ialah membangun, sedangkan bangunan memiliki arti sebuah benda yang dibangun maupun didirikan untuk keperluan manusia dengan goal, waktu serta pengeluaran biaya.

Konstruksi bangunan juga sebuah cara maupun teknik untuk membuat maupun mendirikan bangunan agar dapat memenuhi kriteria mulai dari awet, fungsional, ekonomis, dan kuat.

Di dalam kehidupan keseharian arti kata konstruksi seringkali disamakan dengan struktur di antaranya struktur kayu, baja, dan lainnya. Kata struktur merupakan susunan beberapa materi maupun benda yang mampu membentuk satu kesatuan utuh, sehingga kata struktur memiliki arti benda. Sedangkan konstruksi yakni metode untuk membuatnya.

Istilah-Istilah dalam Dunia Kostruksi Bangunan

Di dalam sebuah konstruksi bangunan memiliki banyak istilah mulai dari teknik hingga bahan material yang dipakai. Terdapat beberapa istilah konstruksi bangunan yang sering dipakai di lapangan, diantaranya meliputi:

  1. Pondasi

Pondasi merupakan bagian penting dari struktur bangunan sebagai penyokong bangunan agar tetap tegak berdiri. Keberadaan pondasi dapat membantu menahan beban dari atas untuk disalurkan ke dalam tanah.

  1. Sloof

Bagian dari ini biasanya ditempatkan pada bagian atas pondasi. Kegunaan dari konstruksi yakni. Sebagai penyalur beban pada bangunan atas menuju pondasi dan mendistribusikan beban yang ada dengan penyaluran beban secara rata di tiap titik pondasi.

  1. Dinding

Struktur konstruksi bangunan secara vertikal dan umumnya tersusun dari batu bata untuk menutup bagian interior dan mengelilingi ukuran lahan tertentu. Selain itu, dapat juga menjadi salah satu partisi yang dipakai untuk membagi ruangan dari sebuah bangunan.

  1. Kolom

Kolom adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan dengan bentuk batang secara tegak lurus dan mampu menyokong beban dari struktur balok di bagian atas bangunan. Kolom memiliki kegunaan sebagai struktur untuk menyalurkan beerat beban pada bangunan, barang maupun manusia.

  1. Balok Lintel

Bangunan ini adalah bagian dari sebuah konstruksi bangunan yang dibangun pada bagian atas struktur pada jendela dan pintu. Kegunaan balok ini untuk mengurangi beban kusen dan menghambat bobot agar tidak langsung mengenai kusen.

  1. Rangka Atap

Pada bagian ini terdapat bangunan dengan gabungan rangka berbentuk segitiga dengan melihat bentuk atap. Rangka atap ini biasa dikenal sebagai truss dengan memiliki kegunaan sebagai penahan struktur seperti reng maupun genteng agar tetap stabil di tempat.

  1. Atap

Pada bagian ini terlihat jelas pada bagian luar, berada di atas dari sebuah rumah dan bangunan lain. Komponen pada struktur ini memiliki kegunaan dengan sifat mendasar.  Sifat tersebut yakni, sebagai pelindung bagian dalam bangunan dari sinar matahari maupun faktor alam. 

  1. Ventilasi

Keberadaan bagian struktur bangunan ini memiliki bentuk lubang tertentu sebagai jalur untuk pergantian udara di dalam rumah. Komponen yang ada di bangunan ini memiliki bentuk pintu, jendela maupun lubang ventilasi pada dinding.

Tips Memilih Material Konstruksi yang Berkualitas

Sebelum Anda memesan bahan material konstruksi. Anda perlu memeperhatikan kualitasnya terlebih dahulu dari pihak penjual. Berikut beberapa tips memilih bahan material berkualitas:

  1. Memilih Batu Bata Berkualitas dengan Tekstur Keras

Pemakaian bahan material ini ditujukan untuk membangun dinding. Sebelum Anda membeli bahan material ini. Anda perlu memperhatikan tingkat kekuatan batu bata dan permukaannya tidak retak.

Cara untuk mengetahui apakah sebuah batu bata berkualitas, Anda hanya perlu memukulnya dengan potongan besi. Apabila suaranya nyaring maka kualitasnya bagus.

  1. Kayu Konstruksi Keras

Kayu untuk bangunan memiliki kekuatan sekaligus tidak mudah mengalami kerusakan. Kayu berkualitas umumnya memiliki kadar air di bawah 20 persen. Umumnya, kayu dibuat untuk pintu, kusen dan lain sebagainya.

  1. Pemilihan Genteng Rumah secara Teliti

Anda perlu memilih jenis genteng dengan memperhatikan kekuatan rangka yang dipakai, memilih genteng dengan kondisi fisik bagus, memilih genteng dengan satu ukuran.

  1. Pembelian Semen Pilihan dan Bermerk

Pastikan memilih semen berkaulitas dengan ciri tekstur butiran halus dan mudah terurai saat dipegang. Hindari semen yang sudah menggumpal atau mengeras.Selain itu, memilih semen bermerk dan terkenal.

Itulah beberapa ulasan mengenai konstruksi bangunan. pastikan selalu memperhatikan jenis dan kualitas bahan material sebelum membeli. Tidak hanya itu, Anda perlu mengetahui berbagai istilah di dunia konstruksi bangunan agar tidak salah memilih bahan maupun pemakaian.