Kain Geotextile, Pejelasan Lengkap Dari Ahlinya

Kain Geotextile, Penjelasan Lengkap Dari Ahlinya

Kain Geotextile – Kegunaan kain geotextile di Indonesia rasanya memiliki peranan yang penting dan banyak memberikan manfaat. Karena dengan kontur dan kondisi tanah yang lunak, proses untuk pengerasan secara manual akan membutuhkan waktu lama dan biaya yang besar. Adanya kain geotextile memberikan kontribusi yang besar. Karena ampuh dalam melakukan proses pengerasan yang efektif dan efisien. Tentunya hal tersebut dapat menghemat waktu dan biaya. Tidak heran beberapa wilayah di Indonesia telah menerapkan dan menggunakannya. Untuk Anda yang belum terlalu memahaminya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap.

Apa Itu Geotextile?

Berdasarkan dari berbagai literatur dan informasi yang ada, geotextile adalah kain yang mempunyai kemiripan dengan kain tekstil yang ada. Karena bahan yang digunakan pun terdiri dari berbagai serat sintetis dan memiliki kualitas kelenturan yang baik. Bahkan tidak akan mengalami penyusutan layaknya kain wol dan sutera.Menurut data dari ASTM atau American Society for Testing Material menyajikan  bahwa Kain geotextile memiliki kualitas bahan yang tidak kedap akan air. Dengan begitu, penggunaan geotextile memberikan manfaat untuk melapisi beberapa bagian. Fungsinya pun untuk pelindung, penguat tanah, penyalur aliran air, dan penyaring.

Jenis-Jenis Kain Geotextile

Kain Geotextile, Pejelasan Lengkap

Untuk yang sedang memilih geotextile ada beberapa jenis yang perlu Anda pahami dan ketahui, semuanya dipilih berdasarkan kebutuhan yang diinginkan. Dalam kesempatan kali ini, ada beberapa jenisnya, yaitu :

  • Geotextile Woven atau Dianyam

Untuk Anda yang sedang mencari kebutuhan untuk penguat, pelapis, dan pelindung tanah rasanya dapat memilih jenis kain yang satu ini. Karena dalam proses pembuatan yang menggunakan mesin penenun membuat hasilnya memiliki kualitas daya tarik yang baik. Apalagi dalam prosesnya ada penggabungan dua benang, membuat ikatan yang kuat. Sehingga untuk pengaplikasian di lapangan, kain ini cocok untuk digunakan pada proses penguatan dan pemisah lapisan tanah. Pada proses penguatan kontur tanah, kain geotextile woven memberikan penyanggah atau tulang. Lalu, apabila dijadikan sebagai pemisah kain ini dapat memberikan bentuk degradasi yang baik.

  • Geotextile Non Woven atau Tidak Dianyam

Jenis selanjutnya yang perlu Anda pahami dan ketahui adalah geotextile non woven, proses pembuatannya dilakukan dengan cara penjaruman dan perekatan serat. Sehingga dalam penerapan di lapangan secara langsung, jenis ini cocok untuk pengaliran air. Karena memiliki daya tahan yang tinggi dan berkualitas. Hal ini yang membuat beda antara dengan dengan kain geotextile woven, karena kebutuhan dan pengaplikasiannya pun berbeda. Kalau jenis non woven lebih cocok sebagai penyaring dan pengalir aliran air saja. Sehingga dalam hal ini Anda dapat memahami dan menentukan kebutuhan yang dapat disesuaikan dengan pengerjaannya.

Fungsi Kain Geotextile

Pada penjelasan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai fungsi dari kain geotextile. Diantaranya sebagai berikut, yaitu :

  • Pemisah dan Penguat Tanah

Manfaat dari geotextile sendiri sudah banyak digunakan dan teruji untuk memisahkan lapisan pengeras dan tanah lunak yang ada. Adanya kain geotextile memberikan kekuatan yang baik pada tanah pengerasan, dengan begitu membuat proses pembangunan terutama pada jalan diatas lapisan tanah lunak dapat teratasi dan terbantu adanya geotextile. Hal ini tentunya dapat mempersingkat proses pengerjaan dan dapat menekan biaya yang terlalu besar. Apalagi dengan sifat kain yang melar dan lentur yang baik membuat dapat menahan dan meredam daya gesek, sehingga memberikan dampak yang baik untuk proses pembangunan jalan diatas tanah yang lunak.

  • Penyaring atau Filter Air

Mempunyai sifat yang mempunyai kemampuan pemisah yang baik atau permeabilitas tinggi menjadikan geotextile memberikan manfaat yang baik untuk filter air. Karena ampuh dalam memisahkan tanah dan air, sehingga membuat aliran air terus lancar dan terpisah dengan kotoran berupa tanah yang ikut mengalir bersamaan. Menariknya lagi, beberapa kotoran berupa tanah dan benda lainnya tidak dapat menembus kain. Dengan begitu membuat lapisannya berjalan dengan semestinya dan sesuai dengan keinginan. Membuat dapat memberikan dan menghasilkan air yang berkualitas dan jernih, tentunya hal ini memberikan manfaat yang besar.

  • Penyeimbang atau Stabilisator

Pada tahap ini sebenarnya masih relevan dengan proses pemisah tadi, karena sifat dari kain mempunyai daya tarik yang tinggi menjadikan dapat memberikan penguatan yang baik pada lapisan tanah. Dengan begitu membuat keseimbangan yang baik pada saat melakukan pengurugan pada permukaan tanah. Namun fungsi ini masih mengalami berbagai perdebatan yang membuat banyak praktisi geoteknik belum mengoptimalkannya.

Pengaplikasian Geotextile

Pada kesempatan ini Anda akan diajak untuk mengetahui beberapa manfaat dan kegunaan geotextile secara umum, yaitu :

  • Konstruksi Jalan

Kegunaan dari geotextile dapat memberikan manfaat untuk pembangunan konstruksi jalan, terutama untuk bagian tanah yang lunak. Adanya kain geotextile dapat memberikan manfaat yang besar, karena fungsinya yang dapat memisahkan dan memperkuat lapisan tanah.

  • Penimbunan Lahan

Untuk kebutuhan lahan yang ingin di reklamasi atau ditimbun membuat Anda dapat menggunakan geotextile untuk memisahkan campuran tanah. Hal ini membuat Anda lebih efektif dan efisien untuk proses pengerjaan.

  • Pantai

Kain geotextile memberikan manfaat untuk penggabungan antara kain dengan batu, tentunya hal ini digunakan untuk penahan erosi. Adanya kain geotextile memberikan dampak yang baik untuk proses filtrasi dan pemisah untuk kegunaan pada pantai.

Kain Geotextile, Pejelasan Dari Ahlinya

Bagaimana? tertarik untuk mengaplikasikan Geotextile pada proyek Anda? Untuk informasi lebih lengkap mengenai kebutuhan dan harganya, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang ada pada website ini.