Distributor Geotextile Vertical Garden
distributor geotextile, Geotextile vertical garden
Bahan Peredam Suara atau Penyerap Suara, Mana yang Lebih Baik?

Bahan Peredam Suara atau Penyerap Suara, Mana yang Lebih Baik?

bahan peredam suara, peredam suara ruangan, Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Bahan Peredam Suara – Pengetahuan masyarakat umum mengenai material peredam suara ialah material yang bisa mengurangi kebocoran suara dalam suatu ruang. Bahan peredam suara itu dapat kurangi pantulan – pantulan suara dalam ruangan. Nah bahan peredam suara yang biasa di pakai untuk kepentingan itu ialah: rockwool, glasswool, karet busa, gabus, dan lain-lain. #Bahan Peredam Suara

Tapi sayangnya  pengetahuan peredam suara di atas kurang pas hingga mengakibatkan persoalan ketidakberhasilan tugas dalam menangani kebocoran suara atau peresapan refleksi suara. Berikut penjelasan sederhana berkenaan ketidaksamaan bahan insulasi suara atau sound insulation bahan dan material peredam suara (sound absorbing material). #Bahan Peredam Suara

Beberapa orang menanyakan “Apa Rockwool dan Glasswool ialah bahan peredam suara?” atau orang begitu percaya jika Rockwool/Glasswool/Foam telur itu ialah bahan untuk meredam suara.

Namun, jawabannya ialah BUKAN.

Baca Juga:

Jual Busa Peredam Suara Harga Murah, Kualitas Premium

Peredam Suara dan Penyerap Suara

Ruangan yang ada hubungannya dengan suara, seperti studio musik, home theater, aula, dan yang lain akan mendapatkan peranan akustik secara baik jika memakai peredam suara yang pas dengan maksudnya. Namun, umum terjadi pemakaian peredam suara tidak sesuai tujuannya.

Seperti penempatan glasswool dengan tujuan mengurangi kebocoran suara pada studio. Tentu saja kebocoran suara tidak menyusut, karena glasswool mempunyai tujuan untuk menyerap suara. Dan, untuk kurangi kebocoran suara, di pakai material yang bisa menutup beralihnya suara. Karena itu, agar tentukan peredam suara secara tepat yang sama sesuai keperluan, mari kita baca penjelasan perbedaan – perbedaan peredam suara dan penyerap suara :

Peredam suara/Soundproofing atau Sound Barrier

Material yang karakternya memblock / meredam suara, maksudnya jika ada rambatan suara lewat partikel udara bahan ini akan memantulkan hampir semua energi suara yang tiba dan suara yang tembus atau transmit lewat bahan peredam ini benar-benar kecil.

Karakteristik Peredam Suara :

  • Berat: Makin berat material, makin baik nilai redamannya.
  • Tidak Berrongga : Makin dekat material, makin baik nilai redamannya.
  • Permukaan Keras: Makin keras permukaan material, makin baik nilai redamannya.
  • Viskoelastis: Makin baik pada meredam redaman, makin baik nilai redamannya.

Kekuatan sebuah material peredam suara untuk menginsulasi suara di tetapkan dengan nilai Sound Transmission Class (STC) atau Sound Transmission Loss. STC ialah nilai tunggal yang di pastikan dalam besaran dB (decibel). Sound Transmission Loss ialah nilai pengurangan suara dalam dB (decibel) dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi.

Baca Juga :

Jual Busa Kedap Suara Healthy Wool Disini!

Penyerap Suara atau Absorbtions

Material ialah meterial yang karakternya mempernyerap suara yang tiba dan menggantinya jadi energi panas. Dalam kata lain beberapa suara menjalar masuk ke material ini akan beralih menjadi energi panas, beberapa (pada frekwensi tertentu) akan dipantulkan kembali dan beberapa kembali akan tembus material itu (pada frekwensi tertentu).

Karakter berbahan penyerap suara ialah:

  • Ringan
  • Berongga (air gampang teresap kedalamnya)
  • Permukaan lunak
  • Tidak bisa meredam getaran

Kekuatan sebuah material peredam suara untuk mempernyerap suara ditetapkan dengan nilai Noise Reduction Class (NRC) atau Sound Absorbing Coefficient. NRC ialah nilai koefisien. Sound Absorbing Coefficient ialah nilai pengurangan suara dalam dB (decibel) dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi.

bahan peredam suara, peredam suara, penyerap suara

SOUND SOURCE = Sumber suara | SOUND REFLECTED = Suara yang dipantulkan | SOUND ABSORB = Suara yang diserap | SOUND TRANSMMITED = Suara yang tembus/merambat lolos

Rockwool,Glasswool dan Foam ini termasuk kedalam material dengan definisi yang kedua yaitu bahan yang  MENYERAP SUARA. 

Perbedaan Peredam Suara atau Penyerap Suara

Kemungkinan sedikit ada kandungan pengurangan suara pada material penyerap suara ini tapi nilainya benar-benar kecil, misalkan Anda ingin menahan ruang kamar, selanjutnya anda membeli beberapa box Rockwool/glasswool/Foam telur dan anda tutup semua dinding permukaan ruang anda dengan Rockwool/Glasswool/Foam telur dan anda bermain musik di dalam dengan keributan 120dB, Dan kita acuhkan nilai tangkal dinding kamar anda, karena itu saya jamin suara akan menjalar bocor keluar ialah 114dB, maknanya pengurangan nilai keributan cuma 6dB atau mungkin kurang. Karena material ini tidak dapat banyak berbuat untuk meredam/Blok suara, (Saksikan gambar Panah di atas)

Jenis Bahan Penyerap Suara Umum Di gunakan

Apabila anda beli bahan ini dari pabrik yang bersertifikasi, anda tidak memperoleh data tes atas nilai redamnya, Jadi jika ada seorang menjelaskan ke anda jika Rockwool/Glasswool/Foam ini bisa kurangi suara sebesar demikian dB, darimanakah ia memperoleh nilai itu, di mana ia lakukan tes dan pengetesannya.

Berikut data teknikal rockwool :

bahan peredam suara, peredam suara

Perhatikan judul dari data di atas, bisa Anda lihat : “ABSORPTION” alias “MENYERAP”

 

SOUNDPROOFING dan SOUND ABSORPTION ialah 2 hal yang berbeda. [Catatan : Absorbstion versus Absorption maknanya sama, cuma misspelling saja]

Rockwool/Glasswool/Foam telur atau Foam2 lainnya, cuma sebagai variable kecil dari mekanisme keseluruhnya konstruksi peredaman suara, perannya untuk turunkan tone resonansi yang terjadi pada ruangan kosong antara 2 dinding tangkal atau antara dinding dan partisi. Resonansi itu bisa dihitung berdasar jarak di antara 2 dinding itu, dan resonant antara 2 dinding itu tidak semakin lebih dari rendah dari 500hz, baru kita memakai bahan penyerap untuk kurangi atau turunkan resonansi yang terbentuk karena rongga antara 2 dinding itu. tersebut peranan dari Rockwool/Glasswool/Foam pada suatu konstruksi perdaman suara.

Bahan Penyerap Suara dan Perannya

Bukan berarti bahan ini tidak ada fungsinya.Namun, terkadang orang salah memakai bahan ini untuk tujuan dan tempat yang keliru. Bahan penyerap suara sering dipakai untuk keadaan akustik tertentu, misalkan kurangi gaung ruang, lemahkan suara refleksi pada dinding dan lain-lain.(lihat gambar berikut ini) Sumber suara berkenaan bahan serap nilai refleksinya (reflected sound) akan makin kecil (diperlihatkan dengan besarnya panah).

Untuk mengurangi kebisingan suara anda membutuhkan peredaman suara, untuk mengurangi gema pada ruangan, anda membutuhkan penyerap suara.

Hubungi Kami Untuk Layanan Profesional

Pusat Jual Beli Material Konstruksi

Siap membantu Anda dalam mewujudkan kesuksesan proyek


Kategori

Posts