Bagaimana Proses Pembuatan Geomembrane?

Bagaimana Proses Pembuatan Geomembrane?

Pembuatan geomembrane – Produk geomembrae merupakan satu dari beberapa produk yang termasuk ke dalam produk geosintetik. Secara khusus produk ini dipergunakan sebagai material pelapisan atau lapisan yang dapat memisahkan (separasi) dua jenis benda ataupun material yang kemudian tidak direncanakan untuk tidak langsung bercampur.

Geomembrane sekilas menyerupai tripek tipis atau flat dengan warna hitam aka tetapi memiliki sifat elastis dan bisa mengikuti lokasi atau tempat pemasangan. ketebalannyapun bervariasi mulai dari ketebalan terendah 0,30mm hingga geomembrane dengan ketebalan teretinggi yakni 3,00mm sesuai dengan kebutuhan penggunaan di lapangan dan spesifikasi kebeutuhan yang diperlukan.

Jenis-jenis Geomembrane

Umumnya terbagi ke dalam dua jenis yakni HDPE geomembrane dan LLDPE geomembrane, akan tetapi terbaru juga ada dua jenis terbaru yakni FPP Geomembanre dan EVA geomembrane. Jadi total saat ini ada empat jenis geomembrane.

Berikut adalah penjelasan singkat dari ke empat jenis geomembrnae diatas:

Menggunakan bahan Polyethylene dengan densitas tinggi jenis ini cocok digunakan sebagai alas tambak dengan volume tinggi atau besar selain itu tahan terhadap berbagai jenis cairan mulai dari air berkorosi hingga limbah pabrik.

  • Geomembrane LLDPE (Linear Low Density Polyethylene)

Kebalikan dari jenis HDPE, LLDPE geomembrane, diproses denga tehnik ethylene copolymerization tekanan dan suhu rendah agar geomebrane yang dihasilkan lebih mudah mengikuti lekuk atau kondisi pemasangan di lapangan.

  • Geomembrane FPP (Flexible Polypropylene)

Merupakan jenis geomembrane terbaik dari ke empat jenisnya, umumnya digunakan pada industri-industri besar dengan kebutuhan pelapisan geomembrane spesifikasi kekuatan dan ketebalan tinggi. Jenis ini menggunakan kekuatan pelapisan yang begtiu kuat dari proses polimerisasi dari material ethylene propylene dan polypropylene.

  • Geomembrane EVA (Ethylene Vinyl Acetate)

Memiliki kualitas nomor tiga setelah FPP dan HDPE geomembrane, merupakan kombinasi dari material ethylene dan vinyl acetate copolymer sebagai material utam pembuatannya. Mampu menahan radias ultraviolet tinggi dan tahan terhadap berbagi kondisi suhu dan tekanan.

Baca Juga :

Geomembrane Fungsinya Sebagai Pemisah

Apa Saja Bahan Yang Digunakan?

Seperti yang telah disebutkan pada ke empat jenis geomembrane diatas ada banyak bahan yang digunakan mulai dari Polyethylene densitas tinggi dan rendah, Polypropylene dan Ethylene.

Baca Juga :

Bagaimana Proses Pembuatan Geotextile?

Proses Pembuatan Geomembrane

Semua Bahan atau material pembuatan geomembrane di atas diproses secara teliti dan menggunakan standar internasional hingga tercipta produk geomembrane kualitas terjamin dan terbaik.

Kategori

Posts